Apa Kelebihan Marshmallow? Android Terbaru Versi 6.0

Jika dibandingkan dengan Android versi sebelumnya, Lollipop, tentu saja ada berbagai kelebihan Marshmallow. Setiap versi OS baru, dibuat untuk menyempurnakan versi yang digantikan, dan juga tidak jarang membawa fitur baru yang tidak didukung di versi sebelumnya. Kali ini Google memakai nama Marshmallow yang masih merupakan nama makanan sesuai dengan tradisi penamaan versi Android dari Google. Soal, alasannya, saya tidak tahu.

Sembari menunggu update Marshmallow untuk perangkat yang sekarang kamu gunakan, ada baiknya kita lihat dulu apa saja kelebihan Marshmallow. Apa iya kamu membutuhkan beragam fitur baru tersebut? Ataukah sebenarnya fitur itu adalah fitur perbaikan dari kemampuan yang sebelumnya sudah ada di Lollipop atau bahkan Jelly Bean?

Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu antusias untuk segera merasakan Marshmallow. Toh, HH yang sekarang saya pakai (Xperia M dual) masih menggunakan Jelly Bean 4.3. Itupun cuman stock ROM yang masih bersih dari kustomisasi. Pernah sih nyoba install Lollipop melalui CM, tapi ujung-ujungnya selalu kangen dengan stock ROM JB dari Sony. Hehe…

Ok, mari kita lihat apa saja yang dibawa Marshmallow.

Kelebihan Marshmallow

Kelebihan Marshmallow Android 6.0 Versi Terbaru

Android Marshmallow


1. Doze Mode

Trend perangkat yang hemat energi saat ini membuat fitur Doze Mode terlihat sangat menjanjikan. Doze Mode di klaim mampu menghemat baterai Android sampai 40%. Bisa jadi ini adalah kelebihan Marshmallow yang paling seksi dibanding kelebihannya yang lain.

2. Android Pay

Kalau buat pengguna di Indonesia, mungkin fitur yang satu ini tidak akan banyak penggunanya. Kita kan dikenal sebagai pecinta barang gratisan tingkat dewa. Alih-alih membeli, sewa saja ogah. Hehe… Kalau ada yang gratis kenapa harus bayar. Fungsi Android Pay ini memang bukan sekadar untuk membeli aplikasi. Tapi untuk memudahkan transaksi keuangan yang bisa langsung kita lakukan dari perangkat Android kita. Sebelumnya, sudah ada fitur serupa dari Apple Pay dan juga Samsung Pay. Kalau di negara maju yang masyarakatnya sudah merasa nyaman bertransaksi secara elektronik, bisa jadi fitur Android Pay ini menjadi salah satu kelebihan Marshmallow. Kalau di sini, hmmm… belanja tanpa menawar itu … rasanya tawar, hehe….

3. Apps Permissions

Fitur ini tidak sepenuhnya baru. Di versi sebelumnya, kita juga bisa mengatur perijinan hak dari aplikasi. Cuman, biasanya itu butuh root dan menggunakan aplikasi ketiga. Nah, di Marshmallow, kamu punya wewenang untuk mengendalikan aplikasi apa saja yang boleh berjalan di background. Ini membuat kamu bisa menghemat baterai dan juga kuota internet dengan mudah. Contohnya begini, selama ini kamu melihat kalau aplikasi Facebook itu menyedot tenaga dan juga kuota internet terlalu banyak – lebih dari 30% penggunaan total misalnya. hNah, kalau aplikasi Facebook ini tidak kamu ijinkan untuk berjalan di background, wow, pasti deh, baterai kamu akan awet dan kuota internet tidak akan tersedot habis hanya untuk mendapatkan notifikasi bahwa mantan kamu barusan makan nasi goreng di warung dekat rumahnya, gitu…. Ga penting banget kan? Haha…

4. Google Now On Tap

Aplikasi Google Now ini juga bukan fitur baru. Dia mulai bisa digunakan pada semua perangkat dengan OS Jelly Bean ke atas. Saya sendiri sering menggunakannya, meski agak kikuk karena bicara dengan HP. Mirip dengan kecanggungan ketika menggunakan Cortana di Windows 10.

Yang membuat beda di Marshmallow adalah sekarang Google Now bisa langsung kamu gunakan tanpa perlu mengatur sana-sini seperti di versi Android sebelumnya. Asik nie fitur, kamu harus coba. Tidak perlu nunggu dapat update Marshmallow sih.

5. Auto-backup Aplikasi

Ini sebenarnya fitur bagus yang akan meminimalisir kemungkinan kamu kehilangan data berupa apapun di Android kamu. Karena semua secara otomatis akan ber-backup di layanan Google Drive yang secara otomatis kamu dapatkan gratis setiap kali membuat akun Google. 15 GB gratis bro!!! Bandingkan dengan OneDrive dari Microsoft yang belakangan diprotes penggunanya karena kapasitas yang dikurangi dari janjinya itu. Hehe….

Yang saya kurang sreg adalah pasti akan jadi boros kuota internet nie! Aman iya, gratis iya, tapi kuota internet kan kita tetap keluar biaya. Tapi ok-lah. Toh masih bisa cari akses WiFi gratis.

6. Fingerprint Sensor

Ini salah satu kelebihan Marshmallow yang menurut saya sangat menggoda untuk segera dicoba. Seperti apa sih rasanya mengaktifkan Android dengan sidik jari? Hehe…. Kalau perkiraan orang-orang para geeky itu, fitur fingerprint sensor ini diberikan sebagai dukungan supaya fitur Google Pay bisa berfungsi dengan sempurna. Karena sensor sidik jari ini diperlukan sebagai syarat untuk memverifikasi pemilik. Yang saya tahu pasti menggunakannya adalah Sony Xperia Z5.

7. 100% Mendukung USB Type-C

Belum banyak sih, perangkat Android yang mendukung USB TYpe-C sebagai versi terbaru koneksi USB. Kabarnya, koneksi USB Type-C ini bisa membuat proses pengisian baterai 5 kali lebih cepat dari koneksi USB yang sekarang umum digunakan. Yang sudah beredar, hany OnePlus 2 dan Lenovo Zuk Z1. Kita berharap saja, sebentar lagi bakalan lebih banyak lagi perangkat Android yang mendukung USB Type-C ini sehingga salah satu fitur kelebihan Marshmallow ini bisa segera kita nikmati.

Loading...

Bagaimana? Buat yang ingin segera mencicipi Marshmallow, silahkan tunggu harga perangkat Nexus di pasaran, atau kalau mau alternatif yang lebih murah, silahkan coba beli Android One yang dipastikan mendapat update Marshmallow dalam waktu dekat ini. Jangan lupa untuk membaca juga Xperia C5 Ultra Android Selfie Kamera Depan 13 MP!!!

Apa Kelebihan Marshmallow? Android Terbaru Versi 6.0
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 107 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.