dee-nesia
mencari dan berbagi

AMD Radeon R5 M230 GPU Entry Level Bisa Membantu Hemat Baterai Laptop

AMD Radeon R5 M230 adalah GPU entry level dengan dukungan penuh terhadap DirectX12 untuk laptop. GPU bikinan AMD ini dibangun berdasarkan Sun GPU (berarsitektur GCN). Bekerja pada clock speed sampai 55 MHz dengan memory grafis DDR3 yang bekerja pada frekuensi 1000 MHz dengan interface 64 bit.

Dibandingkan dengan GPU dari seri Mars (misalnya HD8570), Sun menawarkan unit hardware yang lebih sedikit. GPU ini memiliki kemampuan 320 shaders, 20 TMU dan 4 ROP, sehingga hanya layak berada di segmen low-end.

Kinerja Radeon R5 M230 ini kira-kira setara dengan seri HD 8500M. Kalau dibandingkan dengan GeForce 820M maka dia berada setingkat dibawahnya. Kalau dicari padanannya dari Intel, maka R5 M230 ini berada di bawah Intel HD Graphics 4600. Kalau anda mau bermain game seri terbaru, maka anda hanya bisa menggunakan setting rata kiri. Baik di resolusi maupun detail. Berat-lah.

Ke 320 shader-nya bisa bekerja baik dengan OpenCL 1.2 untuk perhitungan umum. Kalau dibandingkan dengan TeraScale, arsitektur GCN mengalami peningkatan cukup besar kinerjanya.

GPU AMD seri R5 juga mendukung fitur automatic graphics switching antara GPU bawaan processor dengan GPU diskrit. AMD menyebut fitur ini sebagai Enduro. Kira-kira sama-lah dengan teknolog Optimus punya NVIDIA. Kelebihan lain R5 M230 adalah dukungannya terhadap penggunaan multiple monitor dengan menggunakan teknologi Eyefinity.

Loading...