AMD Athlon Gold 3150U

AMD Athlon Gold 3150U adalah processor untuk laptop tipis dan ringan dengan harga murah sebagai salah satu pertimbangan penting. Arsitekturnya sendiri dibangun berdasarkan pada seri Dali (Raven Ridge dual-core) yang menawarkan dua inti Zen yang frekuensi kerjanya dari 2.6 sampai 3.3 GHz dengan SMT (4 thread) dan 4MB L3-cache.

Untuk urusan grafis, ada Radeon RX Vega 3 yang meskipun hanya punya 3 CUs (192 shader) tetapi masih mencukupi untuk komputasi harian dan bermain game tipis-tipis. Salah satu penyebabnya adalah frekuensi kerjanya yang bisa mencapai 1000 MHz.

TDP dasarnya berada antara 12- 25 Watt. Rata-rata manufaktur laptop mengaturnya agar bekerja pada kebutuhan daya 15 Watt. Processor ini juga mendukung modul RAM DDR4 dual-channel sampai kecepatan 2400MHz. Tentu saja kembali pada pabrikan laptop yang Anda pilih untuk memanfaatkannya atau tidak.

AMD juga merilis AMD Athlon Gold 3150U ini untuk versi Chromebook dengan sedikit sekali perbedaan. Spesifikasinya sama, demikian juga dengan kinerjanya. AMD hanya mengganti huruf dibelakang menjadi C. Jadi lengkapnya adalah APU AMD Athlon Gold 3150C.

baca juga: AMD Ryzen 3 5300U Processor Bagus Yang Sering Diremehkan

Kinerja AMD Athlon 3150U

Untuk kinerja, kurang lebih setara dengan AMD Ryzen 3 2200U. Sementara untuk jajaran Athlon sendiri, AMD juga memiliki Athlon Silver 3050U yang kinerjanya sedikit berada di bawahnya.

Processor AMD Athlon Gold 3150 ini cukup populer digunakan pada laptop Windows dengan harga terjangkau keluaran terakhir. Untuk keperluan komputasi harian – seperti menjalankan aplikasi Office, browsing internet, menikmati konten multimedia, atau mengikuti sekolah dan kuliah online dengan intense bisa dilakukan dengan cukup baik.

Jika Anda membutuhkan laptop untuk menjalankan aplikasi yang lebih berat, seperti mengedit foto dan video, atau intense banget membuat konten grafis, sebaiknya Anda memilih laptop dengan processor yang lebih tangguh, seperti AMD Ryzen series atau Intel Core i series.

AMD Athlon Gold 3150U

Jika kita bandingkan kinerjanya, maka kurang lebih processor AMD Athlon Gold 3150U setara dengan Intel Pentium 5030U dan sedikit dibawah Intel Pentium 5405U – terpaut 4 poin lebih sedikit. Untuk processor dari AMD sendiri, maka yang sepadan adalah AMD Ryzen 3 3200U, tentu dengan perbedaan thread per core-nya seperti yang sudah dibahas sebelumnya.



baca juga: Main Game Pakai Laptop AMD? Manfaatkan Radeon Boost! Gampang Kog

Apakah AMD Athlon Gold 3150 bisa untuk bermain game?

Bisa, tetapi tidak disarankan. Processor ini dibuat lebih untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang mementingkan harga murah dan efisien dalam menghemat tenaga. Bukan untuk bermain game – utamanya bagi Anda yang membutuhkan pengalaman main game dengan setting grafis rata kanan.

Ada banyak judul game yang bisa dimainkan pada laptop dengan processor AMD Athlon Gold 3150U ini dengan relatif lancar – meski artinya harus mengorbankan detail dan fitur grafis-nya. Setidaknya masih lancar dimainkan.

Disclaimer:

Artikel ini terjemahan dengan penyesuaian dari artikel asli yang bisa Anda baca di https://www.notebookcheck.net/, https://laptoping.com/, dan juga https://www.amd.com/.

Kesimpulan

Dengan fitur, spesifikasi, dan teknologi yang dibawanya, AMD Athlon Gold 3150U ini mampu memberikan perbandingan yang seimbang antara harga yang ditawarkan dengan apa yang didapatkan pengguna. Kinerjanya terhitung sangat bagus dan bahkan mampu memberi lebih banyak dibandingkan dengan yang diberikan pesaingnya.

Spesifikasi AMD Athlon Gold 3150U

  • Nama produk: AMD Athlon Gold 3150U
  • CPU Family: AMD Athlon “Raven Ridge”
  • Jumlah inti: dual-core / 2 computing threads per core
  • CPU Clock Speed: 2.4 – 3.3 GHz
  • Cache Size: L1 cache 192KB, L2 cache 1MB, L3 cache 4MB
  • Memory Support: DDR4 (2400 MHz max. speed)
  • Integrated Graphics: AMD Radeon Graphics
  • CPU Socket: FP5
  • Power Consumption: 15W
  • Production Technology: 14-nanometer
  • OS Support:
    Windows 11 – 64-Bit Edition
    Windows 10 – 64-Bit Edition
    RHEL x86 64-Bit
    Ubuntu x86 64-Bit
    (Operating System (OS) support will vary by manufacturer)
  • Typical Use: Affordable laptops & 2-in-1 PCs atau Mainstream laptops & 2-in-1 PCs
  • Notable Technologies: Virtualization – allows the processor to run multiple operating systems simultaneously using virtual platforms
  • Tahun rilis: 2020

Daftar Laptop Dengan AMD Athlon Gold 3150U

Lenovo V15ADA

BELI DI SHOPEE
BELI DI BUKALAPAK
BELI DI JD.ID

Dengan layar 15,6 inci, hard disk 1TB, RAM 4GB yang masih bisa di upgrade, Anda bisa bekerja, bermain game, dan menikmati berbagai konten mulitmedia dengan sangat nyaman. Bagi Anda yang pekerjaan utamanya berkaitan dengan dokumen panjang atau perlu mengetikkan data berupa angka, keyboard laptop Lenovo adalah salah satu yang terbaik.

ASUS M415DA

BELI DI SHOPEE
BELI DI BUKALAPAK
BELI DI JD.ID

Laptop Asus M415DA dibekali dengan desain kekinian yang stylish serta build quality yang bagus. RAM 4GB dan SSD 512GB membuat kinerjanya sangat mencukupi untuk kegiatan komputasi sehari-hari. Laptop ini sudah gratis Windows 10 dan Microsoft Office 2019. Sudah pasti dapat update ke Windows 11 juga kog.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.