dee-nesia
mencari dan berbagi

AMD A8-6410 Processor Quad Core Dengan GPU Radeon R5

AMD A8-6410 adalah processor quad core SoC yang dibuat untuk perangkat kelas entry level dan subnotebook. Sejak awal dirilis pada 2014, processor satu ini banyak dipakai di laptop berlayar 11,6 dan 14 inchi. Dengan kode nama “Beema” AMD A8-6410 rupanya cukup berhasil menjadi processor quad core murah dengan kekuatan lumayan, paling tidak untuk laptop yang bisa diajak bekerja dengan file kerja kantoran macam Word, Excel, dan Power Point serta lumayan gegas untuk bermain game ringan untuk mengisi waktu sengang.

Ke empat core AMD A8-6410 bekerja pada kecepatan 2.0 – 2.4 GHz dan dibangun dengan standar 28 nanometer. Seperti halnya processor andalan AMD APU lainnya, A8-6410 juga membawa GPU terintegrasi berupa Radeon R5. Untuk urusan I/O, processor ini mendukung single channel DDR3L-1866 memory controller dan Southbridge. Sayangnya belum mendukung dual channel. Dengan clock speed sedikit lebih tinggi, kira-kira kemampuannya sedikit lebih baik dari saudaranya A6-6310 APU.

Arsitektur A8-6310

Seri Beema untuk notebook dan Mullins untuk tablet PC, berbasis pada arsitektur Puma+ yang merupakan kelanjutan dari desain Jaguar (seri APU Kabini dan Temash).

Bisa dibilang tidak ada fitur yang diubah, termasuk SSE up to 4.2, AVX, dan AES. Terus apa yang baru dunk? Meskipun fitur pokoknya hampir tidak ada perbaikan, tetapi AMD berhasil mengurangi kebocoran arus, memungkinkan kenaikan clock speed lumayan tinggi. Sehingga, secara keseluruhan, kinerjanya juga lebih bagus.

Loading...