Alasan Susu Kental Manis Bukan Susu

By | May 14, 2019

Beberapa waktu lalu sempat menjadi bahan perbincangan bahwa susu kental manis berbeda dengan susu. Terdapat studi yang mengatakan banyak kandungan nutrisi yang hilang jika susu dibuat menjadi kental manis. Contohnya susu bendera yang kehadirannya sangat dekat dengan masyarakat. Skm bukan susu jenis lainnya pun merasa terancam dengan anggapan susu ini tidak aman.

Alasan utama mengapa susu kental manis dibuat karena dapat tahan lama dibanding susu lainnya. Selain itu juga susu kental manis biasa disebut creamer karena biasa digunakan sebagai bahan topping makanan dan minuman sekarang. Selain itu juga susu kental manis memiliki penyajian yang praktis walaupun harus di seduh dengan air terlebih dahulu.

Loading...

Alasan Susu Kental Manis Berbeda dengan Minuman Susu

1. Kandungan gula yang tinggi

Dibandingkan susu jenis lain, susu kental manis memiliki kandungan gula yang tinggi. Dianjurkan untuk mengkonsumsi gula setidaknya 3 sendok makan, tetapi dalam segelas susu terhitung memiliki kandungan gula hampir 2 sendok makan. Dan biasanya konsumsi 2 kali sehari, pagi dan malam. Mengkonsumsi makanan manis bisa menyebabkan obesitas dan penyakit diabetes ketika dewasa.

2. Sumber protein menjadi rendah

Jika mengikuti cara penyajiannya, dalam satu gelas susu kental manis yang di seduh anda hanya mendapatkan protein 3 gram saja. Sementara studi mengatakan setidaknya dalam sehari manusia mengkonsumsi protein sebanyak 25 sampai 36 gram per hari. Disarankan untuk mencari sumber protein lain jika anda mengkonsumsi susu kental manis saja, seperti pada ikan dan olahan kedelai lain.

3. Berkurangnya kandungan kalsium

Susu memiliki manfaat yang sangat bagus bagi perkembangan gigi dan tulang terdapat  kalsium di dalamnya. Ceritanya menjadi berbeda, ketika susu diolah menjadi susu kental manis, karena kandungan kalsiumnya menjadi sangat rendah.Jika dibanding jenis susu yang lain, susu kental manis masih jauh dari kata cukup untuk mendapatkan kandungan kalsium untuk per hari.

Anda bisa mengkonsumsi jeruk, kacang almond, dan sayuran hijau lainnya untuk mendapatkan kalsium dan nutrisi lain sebagai pengganti dari susu kental manis.

(Visited 154 times, 2 visits today)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.