Akhirnya 500 Posting Juga

Sejak 2008 lalu saya mulai menulis di dee-nesia ini. Hari ini akhirnya 500 posting sudah terpublish. Jadi posting ini adalah yang ke 501. Phew! Lumayan banyak juga ya. Meski ketika saya blogwalking, banyak sekali blogger lain yang jumlah postingannya bisa ratusan dalam satu bulan. Sedang saya untuk menulis 2 posting per minggu saja sudah berat. Haha…

Kalau dihitung-hitung, blog dee-nesia ini usianya sudah 1779 hari (dari 8 September 2008 sampai 23 Juli 2013). Dengan jumlah posting 500, berarti saya hanya mampu memposting sebanyak 0,281 posting per harinya. Hmmm, sangat sedikit.

Tapi ternyata meski dari segi jumlah posting tidak terlalu wow seperti itu, statistik kunjungan lumayan juga. Saat ini rata-rata pengunjungnya adalah 104 ribuan per bulan, atau sekitar 3.500an kunjungan per harinya. Tidak terlalu buruk.

Dari 500 posting tersebut, yang paling banyak adalah tentang gadget, ada 81 posting, menyusul blogging 79 posting, internet murah 71 posting. Baru akhir-akhir ini saya mulai menulis tentang Windows 8 dan Ms. Office yang ternyata banyak juga yang mengunjungi.

Dari ke 500 posting tersebut ada yang ditulis asal-asalan tapi ternyata mendapat rangking bagus. Ada juga yang saya tulis sepenuh hati, dengan banyak referensi dan bahan serta waktu menulis yang lama, eh, ternyata terpuruk tidak ada yang baca. Satu hal yang menjadi kuncinya adalah keyword research. Soal SEO, saya cuman berusaha mendapat backlink dari beberapa blog directory yang berPR bagus, sangat jarang blogwalking dan meninggalkan komentar kecuali memang yang dibahas sangat menggelitik otak.

Berikutnya adalah soal template. Entah sudah berapa kali dee-nesia ini berganti template. Dari pengalaman berganti kulit itu, satu yang saya ingat, semakin sederhana dan bersih suatu template dari pernik-pernik widget dan gambar yang tidak perlu, semakin baik pula template itu bekerja. Entah untuk pemasangan iklan maupun pageview.

Pernah terpikir pula untuk pindah ke WordPress dan beli hosting dan domain sendiri. Tapi soal akun dan tentu saja password-nya membuat saya enggan. haha…. Pernah ngimpi juga nama blog ini menjadi dee-nesia.com begitu, keren…. Tapi mungkin itu untuk proyek selanjutnya. Dan biarlah saya agak sentimentil dengan blog pertama ini. Ber-blogspot yang bersahaja saja.
Bagaimana dengan blog anda?

Loading...