Acer Liquid Z3 Android Dual SIM Jelly Bean Murah

HP Android Jelly Bean Dual SIM murah dan bagus | Sudah beberapa lama Acer ikut bermain di pasar smartphone Android. Beberapa produk HPnya itu juga bisa dibilang berhasil di pasar Indonesia. Nah, kalau sekarang anda sedang mencari hp Android Jelly Bean dual SIM yang murah, Acer menawarkan smartphone seri terbarunya yang bisa memenuhi kebutuhan anda akan gadget canggih tanpa perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Pilihan itu adalah Acer Liquid Z3.

Secara ringkas, spesifikasi Acer Liquid Z3 ini adalah: dual core 1GHz, GPU Mali 400MP, 4GB, 3,2 MPx, Jelly Bean 4.2.2, dual SIM. Bagaimana? Mau berharap yang lebih lagi dari sebuah handphone Android harga dibawah 1,5 juta? Saat ini anda bisa memperoleh Acer Liquid Z3 pada harga Rp. 1.249.000,00. Sangat murah dari spesifikasinya yang bagus.

Desain
Dari sisi desain, secara pribadi saya menyukainya. Dengan lengkung manis berkesan lembut tapi tidak terlalu feminin seperti punya Samsung, rasanya si Acer Liquid Z3 ini masih layak dipegang pria tanpa takut memperlihatkan sisi keperempuanannya terlalu tinggi. Apalagi yang berwarna hitam. Murah, tapi tidak membuat yang punya terlihat murahan.

Yang mungkin tidak bagus adalah beratnya. Dengan dimensi 109 x 60 x 10.4 mm dan berat 120 gram, sebenarnya dia masih terasa ringan dan mantap di genggaman. Bagi saya, kalau bisa dikurangi beratnya, ya seringan mungkin. Angka 100 gram itu patokan dengan deviasi sesedikit mungkin. Haha…. maunya. Lihat deh penampakannya si Acer Liquid Z3 di bawah ini….

Acer Liquid Z3 Android Dual SIM
Acer Liquid Z3 Android Dual SIM

Layar
Meski tidak memakai display tipe IPS, hanya TFT capacitive touchscreen, tapi layar Acer Liquid Z3 lumayan mampu menampilkan warna dengan baik. Resolusi 320 x 480 pixels, 16 juta warna, ditampilkan pada layar dengan diagonal 3,5 inchi itu sudah lumayan memanjakan mata. Meski ppi-nya cuman 165. Ini membuat mambaca tulisan di browser yang biasanya berlatar belakang putih dengan teks hitam terasa kurang halus. Namun setelah 2 atau hari mata kita akan terbiasa kog. Bukan masalah besar. Belum lagi kemampuannya untuk bisa menerima sentuhan sampai sepuluh titik. Itu fitur yang dari vendor mancam Sony saja tidak mau memberikan. Meski kalau dipikir-pikir untuk keperluan apa juga menyentuh layar dengan 10 jari….? Kalau keperluan yang lain kan bisa saja, kalau layar dengan diagonal 3,5 inchi? Cocok banget untuk yang berjari panjang tapi kecil-kecil, haha….

Layar Acer Liquid Z3 ini bisa diatur supaya otomatis menyesuaikan level kecerahannya dengan cahaya disekitar. Jadi lebih irit baterai. Sementara, dibawah layar Liquid Z3 ada tiga tombol sentuh home, back dan task switcher. Agak menyusahkan sih, terutama ketika main game atau aplikasi tertentu. Butuh waktu menyesuaikan diri saja.

OS dan UI
Dengan memakai Android 4.2.2 Jelly Bean, rasanya anda tidak perlu cari alasan untuk menolaknya. RAM-nya memang hanya 512, tapi itu bukan berarti anda tidak bisa menggunakan fitur-fitur Jelly Bean dengan lancar, macam Google Now. Hanya mungkin akan terasa lambat ketika anda memaksa menjalankan terlalu banyak aplikasi chat bersamaan, semisal ada BBM, masih pakai Whatsapp, Kakao Talk, We Chat, Chat On, bareng-bareng, masih ditambah Facebook dan Twitter jalan semua, ya pasti akan melemot. Ingin tahu mengapa saya uninstall BBM setelah pakai 2 hari?

Meskipun harganya murah, Acer Liquid Z3 ini tidak meninggalkan faktor UI yang manis. Anda masih memiliki pilihan personalisasi yang banyak. Toh kalau bosan, anda bisa memakai launcher, meski itu akan memberatkan performanya. Lihat videonya berikut ini dech:

Selain fitur bawaan Android, Z3 juga dibekali dengan Moodagent yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan rekomendasi musik dari web berdasarkan playlist musik dalam ponsel Anda. Anda juga bisa mendapatkan info cuaca dan berita terbaru dari aplikasi News & Weather.

Hardware dan Performa
Prosesor Dual-core 1.0 GHz, Mali- 400MP GPU, RAM: 512MB, Internal Storage: 4GB, baterai Li-Ion 1500 mAh. Sudah cukup? Ini soal yang sangat beragam jawabannya, dan tergantung dengan seberapa penuh anda menyandarkan diri pada kemampuan HP anda untuk memudahkan keperluan anda. Untuk main game HD memang agak nge-lag, meski sebenarnya itu masih bisa diperbaiki dengan melongggarkan RAM. Cuman untuk urusan diagonal dan ppi layar yang tidak bisa di ubah-ubah lagi. GPU Mali-400MP sudah cukup memadai untuk menyokong kinerja grafis yang anda butuhkan untuk sekedar bermain game kelas menengah.

Kamera
Inilah fitur Acer Liquid Z3 yang paling dikorbankan. Kamera Belakang: 3.15MP, 2048 x 1536 pixels, Video: VGA. Sebagai ponsel yang menyasar pengguna di level bawah, Z3 memang cuman dibekali dengan kamera berkekuatan 3.15 megapiksel tanpa lampu flash. Bagian depan Z3 juga tak memiliki kamera sehingga tidak dapat Anda pakai untuk chatting.

Beralih ke perekam video, kamera Z3 hanya mampu mengabadikan video dengan resolusi sekelas VGA. Soal kualitas video yang dihasilkan memang belum dapat berbicara banyak.

Multimedia
Audio: DTS Sound; Video: 3GP, FLV, MKV, MP4, WMV. Untuk memutar musik Z3 menggunakan Play music yang sudah dilengkapi dengan DTS Engine yang menghadirkan kualitas suara yang menjanjikan.  Ada 4 setting yang bisa Anda atur meliputi genre, bass boost, 3D effect dan preset reverb.
Pemutar video milik Z3 berhasil mengesankan PULSA dengan kesanggupannya untuk memutar video HD beresolusi 720p. Sementara untuk menonton film, video player milik Z3 belum sanggup menampilkannya.

Kesimpulan
Tak ingin tertinggal jauh dari vendor lain, Acer mencoba peruntungan dengan memperkenalkan produk Android entry level bertajuk Liquid Z3. Berbekal sistem operasi Android Jelly Bean, Z3 dapat disejajarkan dengan Android dual SIM Jelly Bean besutan vendor Korea lainnya seperti Optimus L3 II Dual dan Galaxy Young.

Spesifikasi Acer Liquid Z3

Loading...
GENERAL
Network
GSM 900 / 1800 / 1900 ,3G HSDPA 900 / 2100
LAYAR
Tipe
TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran
320 x 480 pixels, 3.5 inches (~165 ppi pixel density) Multitouch
DIMENSI