5 Fitur Android Berguna Tapi Jarang Dipakai Orang

Beragam fitur berguna dimiliki Android. Google selaku pembuatnya mencoba memastikan Android memudahkan penggunanya melakukan banyak hal dengan HP Android mereka. Belum lagi fitur-fitur yang ditambahkan oleh pengembang lain – seperti Samsung dengan OneIU, Xiaomi dengan MIUI – HyperOS, Oppo dengan ColorOS, dan lain-lain.

Pun setiap kali Google merilis versi Android baru, yang dilakukan Google bukan hanya memperbaiki fitur yang sudah ada, tetapi juga menambahkan fitur baru yang jumlahnya tidak sedikit.

Saking banyaknya, sampai-sampai kita sebagai pengguna – tidak mengetahui bila fitur itu ada.

Saya sendiri, sebagai pengguna “biasa” – hanya menggunakan beberapa fitur Android secara intens.Kebanyakan fitur – tidak saya gunakan – entah karena tidak saya tahu atau tidak merasa itu perlu.

Sebenarnya ini sayang sekali. Fitur bagus – tapi kita sebagai pengguna tidak menggunakannya.

Tidak harus menggunakan HP Android terbaru atau yang mahal untuk menggunakan fitur-fitur bagus ini. HP Android 1 jutaan pun bisa. Paling masalahnya adalah kinerjanya tidak segegas Android mid-range dan flagship.

Cek ini: Rekomendasi HP Samsung 2 Jutaan Terbaik Kamera Bagus

Berikut adalah 5 fitur bawaan Android yang sangat berguna yang mungkin Anda tidak familiar memanfaatkannya.

  1. Smart Lock
  2. Force Peak Refresh Rate
  3. Work Profile
  4. Live Translate
  5. Night Light
5 Fitur Android Berguna Tapi Jarang Dipakai Orang
5 Fitur Android Berguna Tapi Jarang Dipakai Orang

Mari kita mulai dari yang pertama.

1. Smart Lock

Bukan. Ini tidak ada hubungannya dengan pintu depan rumah atau kamar Anda. Ini adalah fitur yang telah menghemat banyak waktu bagi saya.

Bukan Bardi Smart Lock loh ya….

Bayangkan, berapa kali dalam sehari Anda memasukkan PIN atau sidik jari ke ponsel Anda?

Ketika berada di luar rumah, perlindungan semacam ini sangat penting, tetapi di rumah atau di kantor yang terpercaya, hal ini hanya merepotkan.

Di sinilah Smart Lock (kadang-kadang disebut Extend Unlock) bisa sangat berguna. Anda dapat mengatur lokasi tertentu di mana ponsel Anda tidak memerlukan kode sandi atau sidik jari untuk dibuka.

Meskipun tampak sepele, ini adalah fitur yang bisa menghemat banyak waktu. Anda dapat menemukannya di aplikasi pengaturan ponsel Anda.

Selain berdasarkan lokasi, Smart Lock di Android juga bisa digunakan berdasarkan perangkat lain yang terhubung. Misalnya dengan smartwatch atau speaker Bluetooth. Asumsinya, selama perangkat lain terhubung, berarti jaraknya tidak jauh dari Anda.

Catatan: dengan Smart Lock akif, berarti semua penghuni rumah juga bisa mengakses HP Anda tanpa PIN atau sidik jari. Jika ini membuat Anda tidak merasa nyaman, ya jangan diaktifkan.

2. Force Peak Refresh Rate

Jika Anda menggunakan ponsel untuk bermain game atau menonton video streaming, tentu Anda menginginkan gambar yang paling mulus, bukan?

Gambar yang terputus-putus bisa sangat mengganggu dan mengurangi pengalaman menonton atau bermain game yang intens.

Beruntungnya, jika Anda bersedia mengorbankan sedikit daya baterai, Anda dapat memaksa ponsel Anda untuk selalu menggunakan refresh rate tertinggi yang tersedia di HP Anda. Menonton video pada 60 Hz dibandingkan dengan 120 Hz pasti terasa berbeda.

Sebelum Anda mencobanya, pastikan bahwa Android yang Anda pakai itu memiliki refresh rate di atas 60 Hz. Seperti 90 Hz atau 120 Hz begitu.

Kalau refresh rate layar Android yang dipakai hanya 60 Hz ya ndak ada opsi ini.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur ponsel Anda agar selalu berjalan pada refresh rate maksimum:

1. Buka Pengaturan pada ponsel Android Anda.

2. Pilih Sistem > Opsi Pengembang (jika belum diaktifkan, Anda dapat mengaktifkannya dengan mengetuk Nomor Build beberapa kali di Pengaturan > Tentang Ponsel).

3. Scroll ke bawah dan aktifkan opsi Force Peak Refresh Rate.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan ponsel Anda selalu beroperasi pada refresh rate tertinggi.

3. Work Profile

Jika Anda menggunakan ponsel yang sama untuk pekerjaan dan waktu luang, mungkin terasa seperti kehidupan “kerjaan” Anda mengganggu waktu Anda.

Android punya fitur yang membantu Anda supaya tidak lagi terganggu dengan urusan kantor pada saat Anda tidak menginginkannya – seperti saat Anda menghabiskan waktu dengan keluarga di rumah.

Fitur ini bisa benar-benar membuat HP Android yang Anda pakai mengabaikan hal-hal yang terkait dengan kehidupan pekerjaan Anda.

Bagaimana cara kerjanya?

Dengan mengaktifkan fitur Work Profile ini, Anda bisa mengatur supaya Android Anda tidak menampilkan notifikasi ketika ada pesan atau pemberitahuan dari kantor.

Di sini, Anda dapat mengatur agar beberapa aplikasi tidak mengirimkan pemberitahuan saat profil kerja Anda dinonaktifkan, sehingga Anda dapat bersantai tanpa harus terus-menerus memeriksa email atau WA kantor Anda.

Anda juga bisa mengatur supaya notifikasi dari media sosial dan sejenisnya bisa tidak ditampilkan.

4. Live Translate

Sejak lama fitur live transcribe ini dihadirkan Android. Anda bisa pakai aplikasi pihak ketiga, atau bawaan Android sendiri seperti Google Lens misalnya.

Anda hanya perlu membuka Google Lens dan memilih ‘Terjemahkan’, Anda dapat mengarahkan kamera ponsel Anda ke tulisan dalam lebih dari 100 bahasa untuk menerima terjemahan langsung yang tumpang tindih di atasnya.

Fitur ini sangat penting ketika Anda ingin membaca tanda-tanda jalan atau menu restoran saat berlibur. Jadi berasa tidak ada gunanya bayar mahal untuk kursus bahasa asing.

Samsung bahkan meningkatkan kemampuan semacam ini ke level berikutnya dalam HP flagship mereka, Samsung Galaxy S24. Kabarnya, fitur ini juga akan dihadirkan Samsung pada lini produk mereka yang lebih murah.

Untuk saat ini, Galaxy S24 masih menjadi yang terbaik dalam kategori pengaplikasian AI di smartphone.

5. Night Light

Jika Anda punya kebiasaan menggunakan HP di malam hari atau sebelum tidur, saran dee-nesia, hentikan kebiasaan itu.

Namun jika Anda merasa itu tidak mungkin, maka gunakanlah fitur Night Light ini.

Pada awalny, mungkin terasa tidak nyaman untuk melihat layar HP dengan Night Light aktif. Tapi Anda juga tahu kan jika paparan cahaya biru dapat mengganggu proses dan kualitas tidur. Namun, ada fitur yang dapat secara drastis meningkatkan kenyamanan dan kesehatan mata Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Night Light pada ponsel Android Anda:

1. Buka Pengaturan pada ponsel Anda.

2. Ketuk Tampilan.

3. Pilih Night Light.

4. Nyalakan fitur Night Light dengan menggeser tombol dari abu-abu ke biru. Pada Android Pie, ketuk tombol AKTIFKAN SEKARANG untuk mengaktifkan fitur ini.

5. Anda juga dapat mengatur intensitas cahaya dengan menggeser pengaturan di bawah opsi Intensitas.

Dengan mengaktifkan Night Light, layar ponsel Anda akan menjadi lebih redup dan berwarna kuning kecoklatan, sehingga membaca akan lebih nyaman dan membantu Anda tidur lebih mudah.

Itulah tadi 5 fitur Android yang sangat berguna tapi jarang digunakan kebanyakan pengguna. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah menggunakan salah satu atau semua fitur tadi? Jika ada, adakah fitur Android yang sangat berguna tapi jarang digunakan orang yang lain? Silahkan tuliskan di kolom komentar ya. Salam.

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.