dee-nesia
mencari dan berbagi

7 Cara Aman Mengatasi Hard Disk Yang Penuh

Cara mengatasi hard disk yang penuh | Hard disk penuh itu memang masalah, terutama ketika yang penuh adalah drive C: yang menjadi tempat Windows dan seluruh software yang kita gunakan terinstall. Yang saya ndak habis pikir, mengapa secara default Windows juga menggunakan drive C: sebagai tempat untuk menyimpan dokumen ya?

Buat yang sering harus menginstall ulang OS pasti mengubah default location untuk penyimpanan dokumen di drive atau partisi lain. Supaya jika suatu saat perlu menginstall ulang tidak harus pusing menyelamatkan data. Jika yang penuh bukan di drive C: maka kita tidak akan terlalu merasakan efeknya, misal kinerja atau kecepatan Windows jadi menurun.

Di drive C: pulalah secara default pagefile ditempatkan. hNah, ketika sisa space di drive ini menjadi terlalu kecil, maka alokasi-nya juga mau tidak mau akan mengecil. Jumlah file (bukan cuman besarnya file) juga berpengaruh terhadap kinerja Windows.

Maka, pada intinya, kita harus mengurangi jumlah dan besaran file yang tersimpan di drive C: supaya Windows bisa bekerja dengan lebih cepat dan efisien, setidaknya seperti keadaan pertama kali install OS dulu.

Masalahnya, file mana yang bisa kita hapus dengan aman?

Loading...