6 Langkah Menulis Posting Luar Biasa

Nathaniel Hawthorne pernah menulis “Easy reading is damn hard writing”. Kurang lebih kita bisa artikan tulisan yang enak dibaca adalah tulisan yang ditulis dengan sungguh. Dan, … saya harus mengaku, bahwa kegiatan tulis-menulis-tulisan itu sama sekali bukan kegiatan remeh yang bisa dilakukan sambil lalu. Apalagi jika tulisan itu diharapkan bisa “easy reading” seperti yang dimaksud oleh Hawthorne.
Seperti posting 6 langkah menulis posting luar biasa ini sejatinya juga bukan tulisan saya sendiri. Aslinya, tulisan ini adalah guest post oleh Karol K. yang diposting di Daily Blog Tips. Posting ini hanya terjemahan atau tepatnya saduran saja, karena saya tambahkan pendapat saya sendiri. Ya maaf, kalau tambahan dan pengurangan yang terjadi membuatnya sedikit menyimpang dari maksud penulis aslinya, hehe….
Membuat posting yang ‘laku’, adalah tantangan yang cepat atau lambat akan dirasakan semua blogger. Sekadar menuangkan ide dalam rangkaian kata yang disusun jadi kalimat dan membentuk paragraph yang kita pakai jadi perahu penghantar gagasan seringkali tidak cukup. Kecuali jika anda ‘Dee’ Dewi Lestari, Pramudya Ananta Toer, Sindhunata, atau Andrea Hirata, hehe…
Pada umumnya blogger pemula, seperti saya, musti belajar mati-matian membuat posting yang menarik, menambah traffic, mengundang komentar, bahkan kalau bisa jadi link bait yang sip. Pendek kata itulah ‘quality content’. Nah, berikut ini adalah 6 langkah menulis posting luar biasa yang bisa kita ikuti:
Langkah 1: Menentukan gagasan utama yang mau disampaikan
Langkah 2: Buatlah daftar rujukan (Benar-benar pentingkah?)
Jadi mirip ketika anda ‘dipaksa’ menulis skripsi atau thesis ya? Hehe… Tapi ini bener loh! Sulit hampir mustahil kita menulis posting yang bagus tanpa sumber rujukan. “Tidak ada sesuatu yang baru dibawah matahari yang sama”. Jadi buatlah daftar bahan rujukan posting anda itu. Rujukan ini bisa website, buku, majalah, postingan di blog orang lain, dan jangan lupakan postingan anda sendiri. Ingat, internal link yang kuat sangat bagus untuk SEO blog anda.
Langkah 3: Membuat Judul Posting Yang Mengundang Traffic
Langkah 4: Memilih jenis struktur posting
Langkah 5: Menulis kerangka/ outline posting
Langkah 6: Mulai menulis posting
Karena per langkah diatas lumayan panjang maka posting 6 langkah menulis posting luar biasa ini saya pecah-pecah. Klik saja di setiap linknya untuk membaca lebih lanjut.
Bagaimana dengan anda? Mau mensharingkan bagaimana anda menulis posting anda di sini? Saya tunggu komentarnya….

(Visited 5 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....