5 Tips Tetap Sehat Bagi Gamer Online – Menang Itu Penting, Tapi Sehat Lebih Penting

Bermain game online bisa dengan mudah membuat seorang gamer lupa waktu. Jalannya permainan menuntut perhatian penuh. Terlebih bagi mereka yang menjadikan gaming online lebih dari sekadar hobi, tetapi sampai menjadikannya sebagai profesi. Tidak jarang gamer online mengenyampingkan kesehatannya sendiri.

Padahal, menjalani profesi atau hobi sebagai gamer online pun sangat perlu menjaga kesehatan. Tentu kita ingin menampilkan performa yang maksimal saat sedang gaming online. Dan saat bermain game online, kesehatan fisik dan mental kita sangat mempengaruhi performa saat sedang bermain game online. Jadi, menjaga tubuh tetap sehat itu penting bagi seorang gamer online.


Ada juga stereotip negatif tentang gamer online yang dianggap identik dengan wajah yang pucat atau tubuh yang kelebihan berat badan. Padahal hal itu belum tentu benar. Tetapi, bagi seseorang yang mendedikasikan waktunya sebagai gamer online, resiko obesitas memang cukup besar.

Lalu bagaimana caranya agar tetap sehat sebagai gamer online? Simak 5 tips berikut ini.

Tips Tetap Sehat Bagi Gamer Online

Tips Tetap Sehat Sebagai Gamer Online

1. Hindari mata lelah

Memang kadang gamer online sering lupa waktu saat berada di depan monitor, apalagi kalau sedang mencoba game yang baru. Namun, terlalu lama di depan monitor akan menyebabkan mata lelah, kering, dan dapat menyebabkan sakit kepala.

Seperti bagian tubuh yang lain, mata juga perlu istirahat, mengedip, dan terpejam selama beberapa jam dalam sehari agar tetap sehat. Untuk menghindari mata lelah, ingatlah untuk mengistirahatkan mata tiap 15 – 20 menit sekali. Istirahatkan mata dengan cara mengalihkan pandangan dari monitor dan mengarahkan pandangan ke benda yang cukup jauh selama 20 detik.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli monitor gaming dengan resolusi tinggi dan refresh rate yang cukup. Monitor gaming yang bagus, rata-rata juga sudah memiliki fitur yang bisa mengurangi resiko kelelahan mata.

2. Makanan dan cemilan yang sehat

Hanya karena sedang asyik mencoba game online baru, bukan berarti Anda boleh menunda atau melewatkan waktu makan. Ingat, untuk gaming online Anda juga perlu konsentrasi dan tubuh Anda perlu asupan energi untuk itu. Asupan energi akan terjaga jika Anda makan tepat waktu.



Luangkanlah waktu untuk menyiapkan makanan atau cemilan yang sehat.

Untuk menghindari obesitas, pilihlah cemilan yang tidak mengandung kalori yang tinggi, misalnya hindari cemilan yang berminyak atau yang banyak mengandung gula. Cobalah cemilan yang sehat, misalnya buah segar, kacang, atau sereal.

Jika Anda memiliki juicer, siapkan 1 porsi jus buah atau sayur segar tentu akan membuat Anda lebih segar dan sehat. Jika Anda berencana untuk membelinya, Anda dapat memeriksa lebih banyak pilihan juicer di sini.

3. Jaga postur tubuh yang baik

Menjaga postur tubuh yang baik saat bermain game online tidak hanya untuk menjaga kesehatan dan mencegah nyeri bahu dan punggung, tetapi Anda juga akan terlihat lebih profesional di depan teman-teman game online Anda.

Tidak harus dengan membeli kursi khusus untuk gamer yang harganya mahal, Anda juga dapat menggunakan kursi yang lebih murah asalkan kokoh dan nyaman sehingga dapat membuat Anda duduk dengan posisi tegak. Pastikan saja kursi yang digunakan memiliki sandaran yang ergonomis sehingga bisa menopang punggung Anda dengan baik.

4. Jangan lupa istirahat

Tubuh kita juga memerlukan recharge agar dapat terjaga kondisinya. Ingatlah untuk meluangkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh Anda dan tidur. Meskipun sedang seru-serunya, ngegame online tanpa jeda istirahat dapat membuat tubuh kita mengalami stres.

Selain untuk mengatasi lelah, istirahat saat main game online juga dapat meningkatkan kreativitas kita. Luangkan waktu untuk istirahat selama 15 – 20 menit tiap 1 hingga 1,5 jam saat bermain game online.

Anda dapat mengisi waktu istirahat ini dengan menyiapkan makanan, berolah raga ringan, tidur siang sejenak, meditasi, atau bersosialisasi dengan teman.

5. Tetap berolahraga dan peregangan otot

Seorang gamer online menghabiskan hampir seluruh waktunya di rumah. Rasanya sayang jika harus meluangkan waktu untuk jogging atau pergi ke gym sementara ada game baru yang menanti Anda.

Namun, menjaga kebugaran dan bentuk tubuh juga penting. Anda dapat melakukan olahraga di rumah. Misalnya dengan sit-up, push-up, squat, yoga, atau mengangkat dumbbell.

Melakukan peregangan otot yang ringan juga penting bagi seorang gamer online. Lakukan peregangan untuk otot bahu, tangan, punggung, dan kaki Anda. Peregangan otot dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, misalnya meregangkan otot tangan saat menunggu loading.

Itulah beberapa hal penting yang perlu dilakukan oleh seorang gamer online untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain untuk mengurangi resiko mengalami fatigue, cedera otot, obesitas, atau gangguan kesehatan lainnya, menjaga kesehatan juga dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas seorang gamer.

By | Oktober 16, 2020
Laptop Murah Harga Dibawah 5 Juta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.