5 Situs Edit Foto Online Tanpa Download Aplikasi Yang Mudah Pakainya

Bagi keperluan pengguna kebanyakan, layanan edit foto online sudah mencukupi. Fitur dan tools basic yang tersedia bisa dengan mudah digunakan untuk mengedit foto. Kemudahan lain seperti tidak perlu download dan install aplikasi tambahan – dan juga gratis, semakin membuat layanan seperti ini bisa menjadi alternatif yang bagus.

Iya, benar bahwa sampai saat ini, Adobe Photoshop masih menjadi aplikasi untuk mengedit foto yang paling populer. Tools dan fitur-fiturnya luar biasa. Harganya juga luar biasa untuk pengguna “biasa.” Itu sulit dibantah.

Belum lagi, bahwa aplikasi olah foto dan desain grafis membutuhkan spesifikasi perangkat (laptop atau PC) yang bagus – yang tentu saja harganya tidak terlalu lama untuk orang yang kebutuhan edit fotonya hanya sesekali saja.

baca juga: Mau Belajar Desain Grafis? Ini Spesifikasi Minimal Laptop yang Kamu Butuhkan!

Toh tidak semua orang membutuhkan editing foto level advance seperti yang ditawarkan oleh aplikasi berbayar macam Adobe Photoshop.

Itu sebabnya, layanan edit foto online ini sesuai bagi Anda yang:

  • kebutuhan editing fotonya relatif sederhana
  • perangkat dengan spesifikasi kentang
  • butuh yang gratis atau murah saja
  • enggan tersita waktunya untuk belajar mengoperasikan aplikasi editing foto profesional
  • yakin banget kalau langganan Adobe Photoshop CC itu overkill untuk kebutuhannya. Serta yang pasti:
  • maunya lurus, ogah menggunakan aplikasi bajakan.

5 Situs Edit Foto Online Terbaik Tanpa Download Aplikasi

  1. Canva
  2. PIXLR
  3. Polarr
  4. IMG2GO
  5. Photo Joiner

Mari kita kupas sedikit tentang masing-masing layanan editing foto online ini.

1. Canva

Saya cukup terkejut dengan fitur edit foto online yang ditawarkan Canva. Dibandingkan dengan versi awal-awalnya dulu, Canva membuat banyak sekali perbaikan dan penambahan fitur. Utamanya untuk mengedit foto secara online.

Efek dan Tools yang disediakan sangat menyenangkan. UI-nya juga intuitif dan mudah dimengerti. Tentu saja Anda harus membuat akun terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Secara umum, saya suka dengan apa yang ditawarkan Canva. Sejak kira-kira setahun terakhir ini, hampir semua image blog banner di dee-nesia ini saya buat menggunakan Canva.

Tetapi ada beberapa hal yang saya kurang suka dengan Canva.

Yang pertama, pengguna harus memiliki akun. Kedua, saking saktinya, Canva cukup berat di load – dan ada kesan bloated, – ya itu, karena memang fitur dan tools-nya kelewat banyak dan bagus. Dan ketiga, yang paling saya kurang sreg, adalah tidak adanya pintasan untuk mengedit foto yang secara langsung bisa diakses.

Canva membuat pendekatan yang berbeda. Canva berangkat dari “untuk apa Anda mengedit foto?” – sehingga pengguna menentukan dulu mau buat apa, baru fotonya diupload dan diedit.

Berbeda dengan layanan dari situs yang lain, yang rata-rata berangkat dari pendekatan “mana foto yang akan diedit?” – Sehingga pengguna bisa langsung upload foto, melakukan editing, dan download foto yang sudah diedit – terserah mau digunakan untuk keperluan apa itu foto.

2. PIXLR

PIXLR ini adalah salah satu penyedia layanan edit foto online yang sudah berumur. Sehingga tidak mengherankan jika layanannya sangat bagus. Ada iklannya – yang bisa Anda hilangkan – dengan membayar tentu saja. Untuk pengguna baru, Anda akan mendapat tawaran PIXLR Premium gratis selama 30 hari.

Fitur dan Tools yang disediakan PIXLR ini terhitung sangat lengkap. Anda bahkan punya pilihan untuk membuat layer. Tidak perlu waktu lama untuk memelajari fitur dan tools yang tersedia dan segera mulai mengedit foto Anda.

Untuk kemudahan dan kecepatan prosesnya, saya cukup salut dengan layanan online image editor yang satu ini. Tetapi sayangnya, saya sulit menerima UInya yang kaku dengan garis-garis pembentuk ikon yang terlalu tebal untuk selera saya.

3. Polarr

Ini adalah salah satu layanan online photo editor yang paling mature dari sisi fitur, kelengkapan tools, kemudahan pakai, dan kecepatannya. Tapi yang paling saya suka adalah UI-nya yang modern dan elegan.



Setiap perubahan yang kita lakukan terjadi secara real-time. Pengalaman yang diberikan mirip banget dengan aplikasi editor foto offline. Mengedit foto dengan Polarr ini sangat menyenangkan. Rasanya mirip-mirip dengan Snapseed yang miliknya Google itu.

Tetapi sayangnya, untuk tool tertentu, seperti Brush – masuk dalam fitur Pro, alias tidak gratis.

Kalau untuk keperluan saya pribadi sih, fitur dan tools free dari Polarr ini sudah lebih dari cukup.

4. IMG2GO

Layanan editor foto online yang satu ini cukup bagus. Tools yang disediakan juga cukup memadai. Semua menu bisa menggunakan Bahasa Indonesia.

Tersedia juga beragam filter yang bisa digunakan untuk mendapatkan efek dramatis dari foto Anda. Ukuran foto bisa diubah secara bebas ataupun mengikuti pilihan rasio gambar umum yang tersedia – sehingga tidak perlu mengira-ngira lagi.

Cukup mudah dan menyenangkan untuk menambahkan coretan bebas, teks dengan banyak warna dan pilihan font, shape, sticker, sampai frame dan sudut foto.

Meskipun UI-nya terkesan kaku, tetapi untungnya semua proses editing bisa dikerjakan dalam waktu yang relatif cepat.

5. Photo Joiner

Layanan editor foto online ini tampilannya sangat sederhana. Opsi yang diberikan terlihat dengan jelas begitu Anda membuka tab Photo Editor-nya. Ada Filter, Adjust, Resize, Rotate, Flip, dan Crop. Benar-benar basic – tidak lebih dan tidak kurang untuk pengguna kebanyakan.

Photo Joiner sendiri sebenarnya memiliki beberapa layanan. Ada Join Photos, Collage Maker, Meme Generator, dan Photo Editor.

Proses editing foto yang diberikan juga cukup cepat. Memang terasa ada jeda setiap kali ada perubahan. Bisa jadi karena koneksi internet yang saya gunakan.

Jika Anda membutuhkan kemudahan dan kecepatan, maka edit foto online melalui situs Photo Joiner ini sudah mencukupi. Anda bahkan tidak perlu mendaftar untuk membuat akun. Ini menyenangkan buat Anda yang tidak ingin menerima email spam karena membuat akun di layanan online semacam ini.

Kekurangan Layanan Edit Foto Online

  • tergantung dengan koneksi internet
  • UI aneh
  • fitur terbatas
  • lebih mengandalkan filter
  • tool level menengah ke atas berbayar
  • kecepatan proses relatif lambat, tergantung kecepatan internet dan kesaktian script-nya.

Kelebihan Layanan Edit Foto Online

  • kebanyakan gratis
  • tidak perlu download dan install aplikasi tambahan
  • bisa dilakukan pada laptop kentang
  • tersedia banyak template dan filter tinggal pakai
  • praktis dan tidak ribet dengan perangkat

Bagaimana jika Anda perlu sekali untuk mengedit foto yang proper, tetapi ragu jika bisa melakukannya di situs edit foto online, sementara membeli lisensi Adobe Photoshop itu dirasa terlalu mahal?

Paling tidak ada dua alternatif yang bisa Anda tempuh.

Pertama, menggunakan aplikasi editor foto gratis yang bagus. Dan kedua, menggunakan jasa edit foto online.

Untuk aplikasi edit foto gratisan yang fitur dan tools-nya mirip-mirip dengan Adobe Photoshop, dee-nesia menyarankan Gimp. Aplikasi ini benar-benar gratis dan sakti.

Jika Anda memang punya skill, punya perangkat yang spesifikasinya agak bagus, punya banyak waktu luang untuk memelajari hal baru, memiliki sense grafis yang tinggi, dan memang dalam jangka panjang akan berkutat dengan dunia foto editing, maka Gimp akan sangat cocok untuk Anda.

Lain ceritanya jika Anda perlu mengedit foto sesekali saja, laptop juga hanya kentang, tidak atau kurang punya bakat seputar warna, bentuk, dan komposisi, atau malah sebenarnya Anda sedang fokus membesarkan usaha Anda – tapi masih diribetkan dengan urusan editing foto produk, maka memakai jasa edit foto online menjadi sangat masuk akal.

Mengedit foto – atau pekerjaan seputar dunia fotografi, grafis, dan videografi – itu tidak hanya tentang skill menggunakan software. Tapi jauh lebih luas dari itu. Setidaknya ada warna, bentuk, dan komposisi. Ketiga hal mendasar ini harus diramu sedemikian rupa sampai menghasilkan hasil editing yang berterima. Ditangan editor foto beneran, foto Anda bisa lebih cepat diedit dan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu layanan jasa edit foto online yang punya reputasi bagus dan recommended adalah https://fastwork.id/photoshop. Di sana, Anda bisa menemukan banyak sekali freelancer yang siap mengedit foto Anda. Pilih saja satu atau beberapa freelancer yang punya rating bagus, baca deskripsi layanan, periksa testimoni yang diberikan pelanggan sebelumnya. Gunakan fitur chat untuk memberikan deskripsi edit foto yang Anda inginkan. Jangan lupa tanyakan opsi untuk revisi. Kalau tega, ya silahkan nego harga. Kalau cocok, Anda bisa segera mengirimkan foto untuk diedit. Dalam waktu yang sudah disepakati, foto Anda akan selesai diedit. Dan Anda bisa segera kembali fokus pada pekerjaan Anda yang lebih menuntut konsentrasi – scroll-scroll barang di marketplace – atau rebahan streaming drakor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.