Ini Dia 5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Mobil Bekas!

Apakah Anda berencana membeli mobil bekas dalam waktu dekat? Biasanya, yang menjadi alasan pertama dan utamanya adalah harga mobil bekas yang tentu saja lebih terjangkau dibandingkan dengan harga mobil baru yang masih kinyis-kinyis keluar dari dealer itu.

Jika Anda pernah berburu mobil second, baik dengan secara langsung mengunjungi showroom mobil bekas, menemui langsung individu yang menjual mobil bekasnya, atau berburu secara online di berbagai aplikasi atau forum jual beli, maka sangat mungkin Anda akan mendapati bahwa untuk mobil dengan merk, tipe, dan tahun yang sama sekalipun, harganya bisa berbeda-beda.

Jadi, sebenarnya apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi harga mobil bekas?

hNah, berikut ini kita akan merinci 5 faktor utama yang mempengaruhinya, supaya Anda bisa lebih yakin jika harga yang akan Anda bayarkan benar-benar sepadan dengan mobil bekas yang Anda incar.

5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Mobil Bekas www.dee-nesia.com

5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Mobil Bekas

Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi besarnya harga mobil yang akan dibeli dalam keadaan bekas, yaitu:

1. Merk Mobil

Merk mobil yang beredar di pasaran sangat beragam. Di antara semua merk mobil tersebut, terdapat beberapa merk mobil yang dikenal memiliki kualitas bagus bahkan setelah digunakan bertahun-tahun dengan perawatan rutin.

Selain kualitasnya, merk mobil dengan jumlah pengguna yang besar, biasanya juga diikuti oleh ketersediaan suku cadang yang relatif lebih baik, jaringan bengkel resmi yang luas, dan juga komunitas pengguna yang banyak juga.

Pada umumnya merk mobil seperti itu memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan merk mobil lainnya meskipun dalam kondisi bekas. Anda harus mempersiapkan budget yang lebih besar ketika akan membeli merk mobil bekas berkualitas.

2. Kelengkapan Surat atau Dokumen Legal

Mobil bekas yang akan dibeli tentunya harus memiliki surat atau dokumen legal lengkap. Dokumen tersebut berupa BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

Pastikan juga masa pajak tahunan di STNK sudah dibayarkan. Jangan sampai setelah membeli mobil bekas, Anda harus membayar biaya tambahan cukup besar untuk memperpanjang pajak mobil tersebut.

Harga mobil bekas dengan kondisi pajak mati memang lebih murah beberapa persen dibandingkan dengan yang surat-suratnya masih hidup dan lengkap. Jika Anda tidak berkeberatan repot dan riweh mengurusnya nanti, ya silahkan saja. Pastikan Anda tahu dan siap menjalani resikonya.

3. Kondisi Body dan Mesin Mobil

Kondisi mobil bekas juga mempengaruhi harga jual mobil tersebut. Meskipun sudah bekas, tetapi jika mobil incaran Anda itu masih memiliki body mulus tanpa cacat dan aman dari korosi,maka dapat dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan mobil dengan kondisi body kurang baik.

Selain kondisi body mobil, kondisi mesin mobil juga menjadi pertimbangan dalam menentukan harganya. Mobil dengan mesin masih bagus bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan mobil dengan mesin yang kurang baik atau bahkan rusak.

4. Jarak Tempuh

Semakin sering mobil digunakan, maka jarak tempuhnya akan semakin panjang. Mobil seperti ini biasanya dapat dibeli dengan harga yang lebih rendah. Hal ini karena mobil yang sudah sering dipakai pasti nanti membutuhkan biaya tambahan untuk service.

Oleh karena itu, harga mobil dengan jarak tempuh yang sudah tinggi, cenderung memiliki harga yang lebih rendah. Meskipun terkadang juga ada kendaraan roda 4 dengan kilometer sedang, tetapi kondisi mesinnya sudah tidak layak.

5. Service atau Perawatan Berkala

Mobil bekas yang sebelumnya sering mendapatkan service atau perawatan secara rutin memiliki kondisi fisik dan mesin baik. Mobil tangan kedua seperti itu tentu saja memiliki harga yang lebih tinggi. Anda bisa melihat riwayat perawatan mobil bekas pada buku service.

Membeli mobil bekas tentu tidak boleh dilakukan asal-asalan. Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor, sehingga bisa mempersiapkan budget dengan tepat. Jika ingin membeli mobil bekas berkualitas dengan harga terbaik, maka beli saja langsung di mo88i!

Sumber:

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.