Ini Dia 5 Cara Untuk Mengoptimalkan Bisnis di Era Digital

Memasuki era perkembangan pesat teknologi, hampir seluruh seluruh aspek kehidupan bertransformasi ke platform digital, termasuk strategi dalam mengembangkan bisnis. Digitalisasi telah menulis ulang aturan persaingan dalam bisnis. Perubahan-perubahan yang telah terjadi pada era digital berisiko membuat perusahaan yang tidak sanggup beradaptasi dan mengoptimalkan bisnis mereka akan tertinggal.

Persaingan, perilaku bisnis, dan kinerja lintas industri pun turut mengalami pergeseran. Mengembangkan bisnis di era digital tidak cukup hanya dengan menciptakan akun di media sosial atau mengadakan kegiatan secara online. Transformasi digital yang akan Anda lakukan juga butuh cara dan strategi yang matang agar bisa berjalan efektif dan efisien.

Menurut The World Bank Data, pada 2020 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 53,72% dari populasi masyarakat atau sekitar 147 juta orang. Jumlah ini memang sangat banyak, namun tentu tidak semuanya merupakan target customer dari bisnis Anda. Maka disinilah pentingnya memilih strategi dan cara yang baik agar tidak kalah saing di pasar dan bisa optimal di era digital. Lalu seperti apa caranya? Simak ulasan berikut.

Cara Untuk Mengoptimalkan Bisnis di Era Digital

5 Cara Untuk Mengoptimalkan Bisnis di Era Digital

1. Membangun citra yang kuat

Di era digital seperti saat ini, semakin terlihat bahwa bisnis Anda mungkin bukan satu-satunya yang menawarkan produk atau jasa tertentu. Ada ribuan atau bahkan jutaan lainnya yang juga mencoba menarik market share di sektor yang Anda tekuni. Agar bisnis milik anda tampak ‘menonjol’ di antara pesaing, buatlah citra yang berbeda. Cobalah amati citra seperti apa yang dibangun oleh kompetitor, kemudian ciptakanlah image yang kemungkinan tidak akan dibangun pesaing dan berbeda dan berbeda dari pesaing.

2. Menggunakan digital marketing yang efektif

Seperti yang sudah kita ketahui, sekarang ini kita sudah berada di era digital dan persaingan semakin ketat. Maka dari itu, Anda bisa mengoptimalkan bisnis melalui berbagai strategi digital marketing. Beberapa contohnya seperti Search Engine Optimization (SEO), content marketing, serta website. Kamu bisa sesuaikan menggunakan cara yang paling efektif untuk bisnis Anda.

3. Layanan transaksi nontunai

Untuk membuat bisnis Anda optimal, Anda juga harus memberikan pelayanan secara optimal bagi pelanggan Anda, terutama dalam bertransaksi. Gunakanlah metode Cashless yang menerima berbagai pembayaran nontunai dari pelanggan. Dengan layanan transaksi nontunai, akan memudahkan pelanggan dan membuat transaksi menjadi lebih cepat dan efisien.

4. Memaksimalkan penggunaan teknologi, platform, dan aplikasi

Memanfaatkan aplikasi, teknologi, dan platform yang ada untuk menjalankan bisnis akan membuat Anda lebih mudah dalam mengelola bisnis. Saat ini sudah banyak aplikasi, teknologi dan platform yang bisa Anda gunakan untuk mengelola bisnis seperti, aplikasi kasir online yang bisa membuat pencatatan transaksi jadi lebih cepat dan akurat, buku kas online untuk memonitor kemana uang mengalir, layanan atau platform omnichannel yang dapat memanfaatkan data untuk menciptakan pengalaman yang konsisten, memperluas jangkauan, dan meningkatkan engagement dengan customer.

5. Pastikan Promosi yang Anda lakukan Mobile Friendly

Untuk bersaing di era digital salah satu strategi bisnis yang bisa Anda lakukan adalah melakukan promosi secara digital. Maka promosi digital yang Anda lakukan haruslah mobile friendly agar mudah dilihat dengan menggunakan media gadget atau handphone. Karena hampir semua orang mempunyai handphone. Strategi pemasaran melalui website yang mudah diakses dan mobile friendly bisa meningkatkan jumlah pembeli.

Untuk membantu cara menemukan strategi yang tepat, Telkom Indonesia memiliki solusi tepat dengan chatbot yaitu menyediakan media komunikasi yang interaktif antara perusahaan dengan pelanggan berbentuk audio, teks, video di website ataupun aplikasi mobile menggunakan platform artificial intelligence (AI). Dapat digunakan di WhatsApp, Live Chat, Twitter dan platform digital lainnya.

Segera gunakan layanan chatbot dari Telkom Indonesia untuk memberikan kemudahan dalam menjalankan strategi bisnis Anda. Dengan memanfaatkan chatbot akan membantu perusahaan untuk memberikan komunikasi yang baik dan interaktif dengan pelanggannya.

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.