Cara Menyelamatkan Data Hard Disk Rusak Tidak Bisa Diperbaiki

Penyelamatan Data dan Hard Disk Rusak Tidak Bisa Diperbaiki (karena bad sector) | Bad sector memang menakutkan, meskipun itu suatu saat nanti pasti akan dialami hard disk anda. Bukankah sudah logis, kalau yang hidup suatu saat pasti mati, yang sekarang baik-baik saja entah kapan akan diam meski sudah disetrum macam Frankenstein. Haha…. Jadi apa yang bisa kita lakukan? Untuk menyelamatkan data, atau lebih tepat untuk menghindari kehilangan data karena bad sector, tidak ada cara lain yang mudah, murah, dan masuk akal, yaitu upayakan untuk rajin-rajin membackup data penting anda.

Jika sekarang hard disk anda baik-baik saja, tetap berhati-hati, karena bad sector bisa saja sedang menunggu untuk terjadi padanya.

penyelamatan data

Ketika komputer anda mendeteksi adanya bad sector, OS-nya akan menandai sector yang rusak tersebut, sehingga sector tersebut tidak dipakai untuk menyimpan data apapun. Jika mungkin, OS akan mencoba mengalokasikan ulang data di dalamnya ke sector lain yang aman. Jika anda memakai S.M.A.R.T. analysis tool macam CrystalDiskInfo, anda bisa menemukan “Reallocated Sectors” pada hard disk yang terkena bad sector. Jika anda mempunyai data pada sector yang rusak tadi, ada kemungkinan satu atau beberapa file anda akan corrupt.

baca juga:

Beberapa bad sector yang muncul pada hard disk anda bukan merupakan pertanda hard disk anda akan rusak total dengan cepat – itu normal. Tetapi jika anda menemukan bahwa jumlah bad sector-nya bertambah banyak dalam waktu yang relatif singkat – mungkin itu pertanda hard disk anda akan segera kehilangan kemampuannya dan harus mengakhiri masa tugasnya bagi anda. sumber: HTG

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.