Tips Optimasi SEO Blogspot Supaya Tidak Kalah Dari WordPress

Tips Optimasi SEO Blogspot | Jika anda sudah mulai serius menekuni blogging sebagai salah satu bagian dari hidup anda, mau tidak mau, cepat atau lambat, anda harus berurusan dengan yang namanya SEO. Dan jika sampai sekarang, platform blogger atau umum disebut sebagai blogspot itu masih menjadi pilihan anda untuk memublikasikan tulisan anda, tidak perlu minder dengan mereka yang sudah berpindah ke WordPress self hosted.

Dalam banyak sisi, SEO di blogger memang lebih menuntut kemampuan anda dalam mengelola blog. Kalau di WordPress, anda bisa memanfaatkan banyak sekali plugin untuk membantu optimasi SEO blog anda. Mulai dari yang gratisan sampai berbayar.

Sebenarnya, Blogspot menawarkan banyak sekali fitur bagus untuk SEO blog anda. Dengan pengguna yang sangat banyak, Google sebagai pemiliknya tentu tidak ingin kehilangan penggunanya. Anda bisa saja melakukan optimasi SEO-nya sampai maksimal.

Meski sebagian orang beranggapan blog di blogspot tidak profesional, tapi banyak juga blog dengan embel-embel blogspot mempunyai ranking yang bagus. Tidak sedikit juga para suhu blog yang setia dengan blogspot, seperti kang Rohman. Tips optimasi SEO Blogspot ini saya jadikan alasan untuk tetap setia di blogspot, meski saya juga membuat blog di platform yang lain.

Optimasi SEO Blogspot untuk anda coba.

Optimasi SEO Blogspot

Loading...
  1. Optimasi keyword untuk setiap post blog anda. Blog tidak sama dengan website. Itu sebabnya cara optimasi SEO-nya juga berbeda, meski pada dasarnya ya sama saja. Untuk setiap post di blog, kita bisa menyasar keyword atau kata kunci tertentu yang kita inginkan akan muncul di search engine. Dari keyword yang kita sasar itulah kita mengharap pengunjung akan mengunjungi blog kita. Upayakan keyword yang disasar tidak jauh-jauh amat dari tema blog anda. Misal anda membuat blog berisi artikel tentang kesehatan, ya upayakan anda tidak menyasar keyword tentang gosip artis. Selain itu, kita juga harus memperhatikan meta-tag blog tersebut.
  2. Optimasi Title-Tag Blog / Judul Halaman Blog. Ada dua pendapat yang berkembang mengenai judul halaman blog yang baik. Pertama, judul blog sebaiknya pendek saja, toh search engine tidak menampilkan seluruh judul anda kalau kepanjangan. Yang kedua, judul blog bisa panjang, alasannya untuk bertarung di keyword yang pendek sudah semakin susah saking kompetitifnya, lagian kebanyakan pengguna Google juga semakin pinter memilih keyword untuk mencari informasi dengan memperpanjang keywordnya.
  3. Tempatkan keyword di paragraf pertama post anda. Ulang paling tidak 3 sampai 4 kali. Lalu ulangi di tengah dan akhir post. Kalau anda mencermati hasil pencarian Google, anda akan melihat bahwa Google hanya mencuplik sebagian kecil post yang menurutnya mewakili yang anda cari. Jika Google sudah menemukan keyword di paragraf pertama, maka kemungkinan ranking post anda itu akan semakin baik.
  4. Manfaatkan fasilitas Readmore. Bayangkan ketika anda mengunjungi homepage sebuah blog dan anda langsung melihat keseluruhan isi postingan-nya. Akan sangat panjang bukan. Blog jadi terlihat terlalu penuh dan kurang bagus dilihat dari penampilannya. Selain itu, tanpa readmore, berarti posting yang berada di tersebut akan dibuka
  5. Cari backlink sebanyak-banyaknya. Sebaik-baiknya backlink adalah one way link. Cara paling gampang ya buat blog sebanyak-banyaknya, pasang link ke arah blog utama anda, tapi jangan pasang link ke blog-blog dummy anda itu dari blog utama.
  6. Daftar ke Social Bookmark. Langkah ini juga akan membuat SEO Blog anda semakin baik dimata Google.
  7. Memberi cetak-tebal atau cetak-miring pada keyword yang anda sasar.
  8. Daftarkan sitemap blog ke Google Webmaster. Google Webmaster adalah layanan gratis dari Google untuk para webmaster, baik blog maupun website. Jika sitemap blog anda sudah terbaca Google Webmaster, maka sudah pasti post blog anda sudah terindeks oleh Google.
  9. Memperbanyak dan memperbaiki link di dalam blog sendiri. Lumayan loh. Kalau takut dianggap nyePAM, tambahkan saja link di bagian akhir psoting. Biasanya orang akan cenderung membaca hal yang berkaitan. Ini untuk memperkuat related post yang otomatis berdasarkan label itu. Kalau anda pasang sendiri kan lebih nyambung. Manfaatkan ini jika anda ingin mem-push pengunjung ke posting tertentu. Misalnya posting yang berisi program afiliasi yang anda inginkan dibaca lebih banyak orang.
  10. Pasang Related Post. Related Post atau Posting terkait adalah fasilitas yang akan membuat pengunjung anda melihat posting lain yang masih berkait dengan post yang sedang dibaca pengunjung saat itu. Jika dia mengunjungi juga postingan yang lain, maka blog kita akan mendapat page view yang tinggi. Page View yang tinggi menjadi bukti bahwa pengunjung blog kita tertarik juga membaca post yang lain. Artinya tulisan pada blog tersebut mewakili keinginan para pengunjung. Ikuti Cara Memasang Related Post Pada Blogspot.
  11. Melakukan Ping ke situs-situs layanan ping. Ping ini dimaksudkan untuk memberitahu search engine dan layanan tersebut bahwa ada post baru di blog kita. Ada banyak yang gratis kog. Silahkan lihat diĀ Daftar Layanan Ping Gratis.

Sebelum anda menerapkan tips optimasi SEO di blogspot tadi, sebaiknya anda tahu juga bahwa Google senantiasa mengubah algoritma pencariannya. Itu sebabnya, beberapa tips di atas, misalnya soal mencari backlink sebanyak-banyak-nya itu, sekarang banyak yang berpendapat tidak terlalu penting lagi. Saat ini, kualitas konten menjadi sangat-sangat penting dibandingkan dengan semua faktor yang saya sebutkan di atas. SEO yang mengandalkan backlink itu sudah lewat masanya. SEO On-Page menjadi lebih berperan menentukan berhasil tidaknya sebuah blog berada di posisi teratas hasil pencarian Google atau tidak. Terlepas apakah anda memakai Blogspot, WordPress, atau platform lain. Jangan lupa untuk membaca juga Optimasi On-Page SEO Untuk Mendapatkan Pengunjung Lebih Banyak.

(Visited 18 times, 1 visits today)
You might also like