10 Tips Bekerja Lebih Cepat Dengan Microsoft Word

Ingin bekerja lebih cepat dan efisien dengan Microsoft Word? Mungkin anda sudah pernah mendengar dan memakai sebagian dari tips berikut ini. Untuk membantu anda memahaminya, sudah ada file gif yang memperlihatkan sebagian prosesnya. Tips ini dibuat dengan Word 2013, tapi seharusnya bisa juga anda pakai di versi Word yang sebelumnya. Ok, yuk kita mulai dengan tips pertama ….

1. Menyeleksi teks dengan cepat

Anda bisa melakukan klik 3 kali di manapun di dalam paragraf untuk menyeleksi keseluruhan paragraf tersebut. Atau menekan tombol CTRL dan klik pada sembarang kalimat untuk menyeleksi kalimat yang anda mau.

Yang mungkin anda belum tahu, adalah anda sebenarnya juga boleh melakukan seleksi dengan membuat blok persegi pada teks di dalam dokumen Word, mirip dengan marquee tool pada Photoshop, dan memberi format khusus pada teks yang terpilih. Tekan tombol ALT dan seret kursor mouse anda untuk membuat seleksi berbentuk kotak.

rectangular-block-selection

Loading...

2. Manfaatkan Extended Clipboard

Word memiliki fitur ‘Spike’ yang akan memindahkan text dan gambar dari bermacam lokasi berbeda di dalam dokumen dan bisa mem-paste-kannya sekaligus ke loksi yang berbeda pula.

Untuk menggunakan Spike, pilih beberapa kata, image, atau object lain di dalam dokumen anda, lalu tekan CTRL+F3 untuk memindahkan semua objek tadi ke dalam Spike. Anda masih bisa menyeleksi dan menambahkan objek ke dalam Spike yang sama dengan menekan CTRL+F3 lagi. Sekaarang tekan Ctrl+Shift+F3 untuk mem-paste isi dari Spike ke sembarang lokasi yang anda mau di dalam dokumen anda.

3. Berpindah dengan cepat

Kalau anda sedang mengetik dokumen yang panjang di dalam Word, anda bisa menekan tombol Shift+F5 untuk berpindah dengan cepat ke posisi-posisi terakhir yang anda edit. Tombol kombinasi Shift+F5 ini juga akan mengantar anda ke posisi terakhir anda melakukan editing pada file tersebut sebelum ditutup.

4. Mengubah huruf besar ke huruf kecil dan sebaliknya dengan cepat

Ini sederhana sekali. Tapi karena jarang dipakai, trik ini mudah sekali terlupakan. Anda cukup pilih teks yang akan anda ubah case-nya, lalu tekan Shift+F3. Dan teks yang anda pilih tadi akan berubah. Coba tekan beberapa kali dan amati perubahannya. Perubahan itu akan dimulai dari UPPERCASE, lowercase dan Came Case (huruf pertama tiap kata besar). Dan jika tombol Caps Lock sering mengganggu, trik sederhana ini akan banyak membantu.

5. Menulis di manapun di sembarang halaman Word

Tahukah anda kalau anda sekarang bisa menggunakan halaman dokumen Word seperti layaknya whiteboard dengan menuliskan teks di manapun yang anda mau? Yupz! Bisa! Cukup dengan melakukan klik dua kali di area yang anda mau dan segera anda bisa mengetik apapun. Enak kan?

Bisa menulis dimanapun!
Bisa menulis dimanapun!

6. Mengkonversi teks ke plain text mode

Terkadang kita ingin menghilangkan semua aturan pemformatan yang ikut serta di paste ke dalam Word ketika kit copy sesuatu dari aplikasi lain atau dari dokumen Word yang lain. Nah, bagaimana kalau kita mau teks saja, pure text begitu, tanpa pemformatan? Mudah saja kog. Cukup blok teks yang anda hilangkan formatting-nya, lalu tekan CTRL+tombol spasi. Teks anda akan segera bersih dari segala pemformatan yang ditimpakan atasnya.

7. Memindahkan teks tanpa Copy-Paste

Anda tentu sangat familiar dengan kombiasi tombol paling terkenal di dunia (Ctrl-X dan Ctrl-V) untuk memindahkan teks dari suatu lokasi di dalam dokumen ke lokasi lain atau dokumen lain atau ke aplikasi lainnya. Tahu cara lainnya? Jangan bilang pakai Ctrl-C, Ctrl-V, lalu teks awal tadi di hapus. Sama saja bohong dunk… Coba cara ini: seleksi teks yang anda inginkan, tekan F2, tempatkan kursor dimana anda mau teks tersebut akan dipindahkan. Tekan Enter. Tada….! Pindah deh, lebih cepat kan?

8. Memasukkan karakter Unicode

Kalau anda hafal dengan kode karakter Unicode, hanya butuh tambahan langkah sedikit untuk memasukkannya ke dalam dokumen anda. Tinggal ketik kode karakter unicode anda dengan didahului tombol Alt-X.

9. Menambahkan text box berisi kalimat otomatis

Anda bisa menambahkan teks otomatis dengan Lorem Ipsum Generator yang secara built in ada di dalam Word. Ketika anda membutuhkannya. Ketik: =rand(p,l) dan tekan Enter untuk memasukkan paragraph sejumlah ‘p’ dan baris sebanyak ‘l’. Contohnya, =rand(3,6) akan menghasilkan 3 buah paragraph yang terdiri atas 6 baris masing-masingnya.

Bisa menambahkan teks Lorem Ipsum dengan cepat
Bisa menambahkan teks Lorem Ipsum dengan cepat

Anda juga boleh menggunakan =lorem(p,l) dengan aturan atau cara pemakaian yang sama dengan di atas.

10. Gunakan Calculator langsung di dalam Word

Microsoft Word memiliki aplikasi Calculator built-in di dalamnya. Jadi sebenarnya anda tidak perlu memanggil aplikasi Calculator sendiri, atau melakukan penghitungan di Excel. Calculator ini cukup sakti untuk menangani perhitungan matematis sederhana.

Anda bisa mengetikkan ekspresi matematika apapun di dokumen anda, blok, lalu tekan tombol Calculator. Hasil perhitungannya akan muncul di status bar. Kalau tombol Calculate tidak muncul pergi ke Word Options -> Quick Access Toolbar, pindah ke All Commands dan masukkan Calculate Command ke Quick Access Toolbar. sumber: Labnol

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....