dee-nesia
mencari dan berbagi

10 Gadget Ramah Lingungan

Ditengah isu global warming yang masih saja ‘panas,’ dan sepertinya akan terus memanas, saya menemukan sebuah postingan yang sedikit banyak membuat saya agak ‘lega’ karena ini isinya 10 gadget yang ramah lingkungan. Dikatakan ramah, karena mereka ini rata-rata bisa mengurangi bahkan meniadakan pemakaian energi yang bisa menimbulkan emisi CO2. Silahkan lihat apa saja mereka itu.
1. Kalung ber-sel surya
Semakin banyak perusahaan yang terus berupaya menciptakan dan memakai teknologi ramah lingkungan, sehingga kita sebenarnya tidak kesulitan untuk mencari produk-produk teknologi yang ramah lingkungan itu. Tinggal sikap kita bagaimana, terus memanaskan bumi atau berupaya menyejukkannya. Nah, gambar di samping ini adalah salah satu produk seperti itu, namanya LUX.
Alat ini di desain oleh May Yokohama. Gadget berupa kalung ini terbuat dari sejumlah panel surya yang mengumpulkan energi di siang hari dan menggunakannya untuk menyalakan LED-nya di malam hari. Cantik kan? Hanya butuh dua jam untuk mengumpulkan energi yang bisa di pakai selama empat jam. Kalung ber-panel surya ini adalah contoh sederhana namun cantik dari teknologi yang ramah lingkungan.

2. Headphone Bluetooth bertenaga matahari.
Solar-Powered and Bluetooth Headphones
Ternyata headphone bluetooth bertenaga matahari ini diciptakan oleh seorang mahasiswa dari Transylvania University di Brasov bernama Shepeleff Stephen. Perangkat ramah lingkungan ini diberi nama Q-Sound. Meski terlihat agak aneh tapi keunikan dan keramah-lingkungannya menjadi nilai tersendiri.
Q-Sound dipasangi panel surya pada bagian band-nya. PAnel suryanya dipakai untuk mengisi daya 2 baterai NiMH berkapasitas 800mAh, 1.2V. KAlau terisi penu