Mengatasi Error Insufficient Storage Available di Android Tanpa Aplikasi

Pesan Error Insufficient Storage Available di Android bisa diatasi tanpa kita harus download dan install aplikasi apapun loh. Biasanya, pesan ini muncul ketika kita download aplikasi dari Google Play Store, atau ketika mengupdate aplikasi yang sudah terinstall di Android kita. Harapan untuk bisa segera menggunakan aplikasi favorit dengan versi terbaru segera pupus ketika kita mendapat pesan memori tidak cukup ini.

Pesan serupa lainnya yang sebenarnya sama saja dengan pesan di atas yang juga biasa kita terima adalah pesan Error downloading App. There is insufficient space on the device. Yang artinya sama saja, perangkat Android kita tidak punya cukup ruang tersisa untuk melakukan proses instalasi aplikasi yang kita download tadi.

Kalau kamu cari-cari cara mengatasi internal Android tidak mencukupi dengan googling, maka kemungkinan kamu akan  mendapati kalau mereka menyarankan penggunan aplikasi tertentu. Tidak salah sih. Cuman terasa aneh saja. Kita tidak bisa download dan install atau update aplikasi karena kekurangan space kosong, lha kog malah suruh install aplikasi lain lagi? Bukannya aplikasi tadi malah akan mengurangi ruang kosong yang sudah sempit di Android yang kita gunakan?

Jadi, kali ini dee-nesia akan membagikan cara mengatasi error insufficient storage di Android tanpa aplikasi.

Mengatasi Error Insufficient Storage Available di Android

Mengatasi Error Insufficient Storage Available
Mengatasi Error Insufficient Storage Available

Jadi begini, inti masalahnya adalah internal memory Android kita terbatas. Sementara kita sangat memerlukan aplikasi tertentu untuk kegiatan kita sehari-hari. Setiap orang tentu punya kebutuhan berbeda.

Kita ambil contoh saya sendiri. Saya (masih) menggunakan Xperia Ray yang internal memory-nya cuman 420MB. Ketika baru di flash ulang dengan stock ROM ICS dan belum update Google Apps dan semua services-nya itu, masih terasa lega. Tapi begitu Google Apps mulai diupdate lengkap dengan Google Play Services, ampun sudah. Belum lagi ketika Facebook diupdate, habis sudah. Dan si Clash of Clans jadi ndak bisa di install.

Maka, jadinya begini: dengan terpaksa Google Apps semuanya diinstall, tapi semua aplikasi lain yang jarang atau tidak saya pakai, tidak usah di update, sepanjang dia masih mau jalan. Untuk Facebook, saya pakai Facebook Lite yang enteng dan irit kuota itu.

Jadi, kalau kita simpulkan, yang bisa dilakukan adalah dengan:

  • membatasi aplikasi yang terinstall
  • jangan tergoda install aplikasi yang sejatinya fungsinya sama saja
  • menggunakan alternatif aplikasi yang punya fungsi sama
  • pindahkan aplikasi ke MicroSD jika mungkin.
  • tidak perlu download gambar dan video dari media sosial. Kalau perlu simpan, segera pindahkan ke MicroSD

Kalau tips di atas sudah dilakukan dan ternyata masih sesak juga, yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan cache aplikasi secara berkala. Caranya?

Cara membersihkan cache aplikasi Android tanpa aplikasi tambahan

Kalau kamu masih memakai Android versi ICS ke bawah, silahkan pergi ke Setting > Apps > tap pada aplikasi yang kamu curigai menyimpan cache besar > Clear cache.

Datanya juga? Ndak perlu. Kecuali pada aplikasi browser. Tapi itu terserah kamu sih. Asal di ingat saja, kalau data aplikasi dibersihkan, maka nanti kamu perlu login lagi.

Aplikasi apa saja yang bisa dibersihkan cache-nya? Semua aplikasi bisa dibersihkan cache-nya. Tapi ndak perlu semuanya juga. Cukup yang biasa menyimpan cache dalam jumlah besar. Biasanya aplikasi sosial media itu yang paling rakus menyimpan cahce. dee-nesia biasanya cuman membersihkan Facebook, Twitter, Instagram, dan Browser (ada Chrome dan Opera Mini).

Kalau kamu memakai Android versi Jelly Bean ke atas, pergi ke Setting > Storage > tap pada Cached Data > tap Ok.

Lihat juga pada bagian Misc. (miscellaneous), di situ ada daftar kategori file-file yang biasanya berukuran besar. Jika cukup rela, bisa juga dibersihkan dengan sekali tap.

Hmmm…. Masih nyesek juga tuh internal memori….

Ada beberapa tips dasar lagi, diantaranya:

  • Pindahkan setting penyimpanan default kamera ke MicroSD
  • Secara berkala pindahkan foto, video, dan audio yang diterima dan dikirim lewat aplikasi chatting (WA, BBM, dll) ke MicroSD. Atau kalau tega, dhapus saja wis.
  • Untuk BBM, kamu bisa atur supaya dia tidak usah menampilkan picture profile. Ini akan sedikit menghemat tempat. Kalau kontak BBM kamu cuman sedikit ya biarin saja, hehe…

Kalau kamu masih kurang puas dengan tips mengatasi Error Insufficient Storage Available di Android tadi, maka akhirnya, kamu harus memakai bantuan aplikasi tertentu. Dari yang dialami dee-nesia sih, yang dilakukan dengan tips di atas itu sudah cukup. Tapi mungkin kamu perlu yang lebih ekstrim lagi, maka silahkan baca juga Cara Mengatasi Memori Internal Yang Penuh Dengan ES File Explorer.

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

(Dibaca 435 kali, hari ini 1 kali)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *