Google Now Launcher Tidak Bisa Digunakan di Android [Cara Mengatasi]

Google Now Launcher tidak bisa digunakan di Android kamu? Begini cara mengatasinya. Sama sekali tidak sulit kog. Kamu bisa mengatasinya cukup dengan beberapa langkah saja.

Kamu hanya perlu memastikan Google App dalam kondisi enabled. Itu saja. Bagaimana cara melihat apakah Google App dalam kondisi aktif?

Pertama, silahkan lihat dulu, apakah di Android kamu sudah ada Google App. Kalau belum, silahkan di install dulu. Cari di Play Store, download lalu install. Google App ini punya beberapa sebutan lain, seperti Google Home dan Google Search. Sama saja.

Dalam keadaan default, semua Android pasti memiliki aplikasi ini. Kecuali kamu menggunakan custom ROM yang kadang-kadang menghilangkannya dengan alasan menghemat kapasitas memory internal. Beberapa orang juga memilih untuk men-disable-nya dengan alasan menghemat RAM Android. Itu sah-sah saja sih. Tapi akibatnya akan membuat beberapa kemampuan dasar Android jadi tidak berfungsi. Salah satunya ya tidak bisa memakai Google Now Launcher ini.

Kalau ternyata setelah kamu yakin Google App sudah ada dan aktif, tapi Google Now Launcher tetap tidak bisa juga digunakan, silahkan coba untuk mengupdate-nya terlebih dahulu,

Google Now Launcher
Google Now Launcher

Bagaimana cara memastikan Google App dalam kondisi enabled?

Buka di Setting > App > Pilih Google App. Lalu lihat apakah dia dalam keadaan disabled atau enabled.

Kedua. Masuk ke menu untuk mengatur halaman home. Lalu pilih Google Now Launcher.

Menu untuk mengatur halaman home ini sedikit berbeda-beda di setiap merk Android. Untuk Samsung Galaxy, ada di Setting > Home Screen. Kalau di Lenovo kamu cukup menekan ikon Rumah di drawer aplikasi, lalu pilih Google Now Launcher.

Kalau tidak bisa juga, emmm…. jangan-jangan kamu masih memakai Android 4.0.4 kebawah. Hmmmm. supaya bisa memakai Google Now Launcher ini, minimal memang harus memakai Android 4.1 Jelly Bean ke atas.

Kenapa dee-nesia suka memakai Google Now Launcher?

Ini sebenarnya preferensi pribadi sih. Jadi ceritanya begini. Beberapa waktu lalu dee-nesia beli Lenovo A6000 yang UI-nya mirip banget sama MIUI itu. Dimana semua aplikasi sudah langsung tertampil di halaman Home. Jadi tidak ada app drawer-nya.

Dan itu menurut dee-nesia jelek banget. Kesannya jadi kotor gitu. dee-nesia lebih suka tampilan Home Screen yang kosong. Jadi wallpapernya kelihatan sepenuhnya tanpa tertutup ikon-ikon aplikasi gitu.

HomeScreen Lenovo A6000 default sebenarnya bisa saja diatur supaya salah satu Home Screen itu bersih dengan memindahkan ikon aplikasi ke screen sebelahnya. Tapi dee-nesia tetap tidak puas.

Sebelumnya, dee-nesia familiar banget dengan UI-nya Xperia yang bersih dan sangat sederhana itu. Maka dicarilah launcher yang tampilannya sedekat mungkin dengan UI-nya Xperia itu. Dan Google Now Launcher inilah yang terpilih. Mau pakai Aviate kog ya berat. Pernah juga mencoba launcher-nya Nokia itu. Dan sama beratnya.

Bagaimana? Kalau kamu sendiri lebih memilih launcher bawaan Android kamu, atau cenderung memakai theme dan launcher lain? Kalau ada referensi, boleh dunk di share di sini… dee-nesia tunggu komentarnya… Jangan lupa like dan share ya….

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

(Dibaca 412 kali, hari ini 5 kali)
Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *