Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Profil Facebook Kita

Cara mengetahui siapa yang melihat profil Facebook kita. Kemungkinan besar, kamu, seperti juga saya, penasaran, kira-kira siapa yang sudah mengunjungi laman profil Facebook kita ya? Orang-orang yang mungkin sedang melakukan stalking semua perilaku kita di Facebook, melihat-lihat status yang kita buat, atau sekadar melihat foto yang sudah kita upload, tanpa meninggalkan jejak dengan nge-like atau nge-share.

Sebenarnya, hampir tidak ada untungnya kita mengetahui siapa yang melihat profil Facebook kita. Selain menuntaskan rasa penasaran saja. Bahwa kemudian setelah tahu si Anu telah mengunjungi halaman Facebook kita terus kemudian memunculkan beragam perkiraan dan penafsiran tentang alasan sebenarnya dia melihat profil Facebook kamu, itu perkara lain, hehe….

Dan penuntasan rasa penasaran itu ternyata dimanfaatkan orang-orang pintar tapi kurang bertanggung jawab dengan membuat aplikasi palsu yang mengklaim bisa membantu kamu mengetahui siapa yang melihat profil Facebook kita tadi. Ngaku-nya aplikasi tadi bisa begitu. Eh, ujung-ujungnya malah akun Facebook kita dijebol orang.

Aplikasi tadi bisa saja memang berwujud Facebook apps, atau sekadar script yang memanfaatkan celah keamanan Facebook. Dulu sekali, saya pernah pakai yang berupa script begitu. Cara pakainya mudah, cuman nge-paste scriptnya di address bar pada tab dimana kita membuka Facebook. Begitu tombol enter ditekan, muncullah daftar beberapa nama yang katanya telah melihat profil Facebook kita tadi. Tapi sekarang script tersebut sudah tidak bisa lagi dijalankan. Padahal aman juga. Maksudnya, akun Facebook saya baik-baik saja.

Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Profil Facebook Kita
Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Profil Facebook Kita

Sebenarnya boleh tidak sih kita mengetahui siapa-siapa yang sudah mengunjungi laman akun Facebook kita sendiri?

Kalau penjelasan resmi dari Facebook, sebenarnya tidak boleh. Dan itu dengan cara apapun, termasuk aplikasi pihak ketiga. Facebook lumayan ketat dengan kemampuan seperti ini. Bisa dipastikan deh, kalau ada aplikasi Facebook yang mengklaim bisa melakukannya, maka umurnya tidak akan panjang. Akan langsung dihapus oleh Facebook begitu ketahuan.

Saya sendiri kurang tahu alasannya. Mungkin berkait dengan privasi pengguna. Padahal pengguna merasa itu perlu. Saya sih, cenderung menduga kalau ini ada kaitannya dengan penampilan iklan di laman Facebook. Supaya Facebook punya hak khusus untuk menyajikan iklan serelevan mungkin dengan pengunjung. Sekali lagi ini mungkin.

Kalau masih penasaran juga, bagaimana dunk?

Ya, namanya juga penasaran, jadi kalau bisa ya kenapa tidak? –meskipun itu tidak diperbolehkan.

Sebagai antisipasi keamanan akun Facebook kamu, jangan pernah menggunakan aplikasi apapun untuk mengetahui siapa yang melihat profil Facebook kamu. BIsa dikatakan kalau saat ini, hampir semua aplikasi seperti itu akan merugikan penggunanya. Kalau sekadar di hack lalu dipakai untuk jualan, masih mending. Bagaimana kalau kemudian akun Facebook kamu di hack, lalu akun-mu dipakai untuk posting hal-hal yang tidak layak dan sepantasnya? Masih ingat kasus baru-baru ini dimana ada orang yang mengaku kalau akun FB-nya mendadak tidak bisa dibuka, dan ternyata digunakan orang lain untuk menyebarkan fitnah dan memancing keresahan sosial. Cukup menakutkan to?

Cara mengetahui siapa yang melihat profil Facebook kita

Kalau kamu masih penasaran juga, ini ada cara yang aman, karena bukan berupa script atau aplikasi. Sebagai referensi lebih lanjut, silahkan kunjungi MySecretCity.net. Di situ ada banyak tips tentang bagaimana cara efektif menggunakan Facebook.

Salah satunya ya cara mengetahui siapa yang melihat profil kita ini. Berikut ini versi bahasa Indonesianya.

Begini caranya (menurut mysecretcity.net)

  1. Login ke akun Facebook dan kunjungi halaman profil kamu
  2. Klik kanan di laman kronologi dan pilih buka “Page Source” yang akan membawa pengguna ke sebuah jendela baru
  3. Pada jendela yang baru itu, tekan CTRL+F untuk melakukan pencarian kata
  4. Paste kata “initialchatfriendslist” (tanpa tanda kutip) pada kolom pencarian lalu tekan Enter
  5. Sekarang kamu akan melihat nomor ID profil orang-orang yang telah mengunjungi halaman profil Facebook kamu. Nomor ID ini akan diakhiri dengan angka yang menjadi urutan berdasarkan waktu mereka berkunjung. Misalnya, kamu menemukan deretan angka “100000001469669-6”, maka ID profil pengunjung tadi adalah 100000001469669. Begitu saja? Belum….
  6. Sekarang, kembali ke tab dimana kamu membuka Facebook, lalu copy dan paste nomor ID yang kamu ingin tahu dibelakang alamat url Facebook. Misalnya https://www.facebook.com/100000001469669, lalu tekan tombol Enter di keyboard.
  7. Kamu akan membuka laman profil pengunjung laman kamu sendiri. Mudah kan? Jangan lupa membaca Jangan lakukan ini di Facebook, atau Kamu Akan Bermasalah. Buat yang sedang berjuang menambah penghasilan dari internet, wajib baca Cara Paling Mudah Cari Uang dari Internet.

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

(Dibaca 8,669 kali, hari ini 11 kali)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *