Cara Membuat FlashDisk Kebal Virus

Cara Membuat FlashDisk Kebal Virus. FlashDisk kebal virus? Apa bisa membuat flashdisk aman dari virus? Jawabannya ada. Ada banyak antivirus yang mempunyai fasilitas mengebalkan flashdisk anda dari virus.
Sebelumnya, sebaiknya kita coba pahami dulu, sebenarnya bagaimana virus bisa masuk kedalam flashdisk kita. Tidak dapat disangkal, bahwa flashdisk adalah yang paling bertanggung jawab atas penyebaran virus, selain via internet, seperti email dan file terinfeksi lain yang memaksa masuk kedalam komputer kita.

Awal muasalnya adalah fasilitas autorun dari OS Windows. Fasilitas ini sebenarnya dibuat untuk memudahkan kita, dia memungkinkan file tertentu bisa langsung dimainkan begitu kita mencolokkan media eksternal seperti CD, DVD, atau flashdisk. Nah, saking baiknya si autorun ini, dia jadi dimanfaatkan pembuat virus untuk melakukan penyebaran. Mengingat file autorun.inf bisa dimodifikasi untuk memanggil si virus. Begitu si virus aktif, maka dia akan menulari komputer korban, demikian pula virus yang sudah di dalam PC akan menulari setiap flashdisk yang pernah menancap padanya.

Nah, dari situ, kita jadi bisa berkesimpulan, pertama yang harus dimatikan adalah pengaktifan autorun dari sisi PC sendiri, caranya bisa mengedit registry-nya Windows, meski agak mumet kalau dilakukan manual, atau via aplikasi. Ada banyak aplikasi gratisan kog, cobalah googling saja, pasti ada. Saya sih pakai Tweak UI, aplikasi gratisan dari Microsoft sendiri, silahkan tanya mbah Google dimana musti download, saya lupa alamatnya.

Kedua, dengan membuat bagaimana caranya supaya file autorun.inf di dalam flashdisk tidak bisa di modifikasi. Tentunya anda mengenal Smadav to? Salah satu contohnya adlah si Smadav itu, meski beberapa hari yang lalu saya menemukan ada virus yang bisa nembus autorun-nya si Smadav. Lupa nama virusnya.

Cara membuat flashdisk kebal virus dengan fitur khusus antivirus

Nah, untuk sekaligus melindungi flashdisk anda dari virus dan mematikan fasilitas autorun di PC atau laptop anda ada dua aplikasi gratis tapi dijamin sakti. Ada BitDefender Immunizer dan Panda USB Vaccine.

Kedua aplikasi ini gratis, jadi silakan unduh dan gunakan secara gratis. Cara menggunakannya juga gampang. Jalankan aplikasi tersebut, lalu mereka akan mendeteksi apakah fasilitas autorun di komputer Anda aktif. Jika iya, aplikasi tersebut akan menawarkan Anda untuk mematikan fasilitas tersebut (dan sebaiknya Anda lakukan).

Download BitDefender Immunizer.
Download Panda USB Vaccine.

Setelah itu, Anda tinggal imunisasi flashdisk yang hendak Anda lindungi. Pilih flashdisk dari menu yang ada, lalu tekan Immunize atau Vaccine. Sesaat kemudian, file autorun.inf di flashdisk Anda akan diganti dengan yang baru dan kebal dari penularan virus.

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.