Avidemux: Aplikasi Edit Video di PC Yang Gratis, Simple, dan Mudah Digunakan

Kalau anda mencari aplikasi edit video di PC atau laptop yang gratis, simple, dan mudah digunakan, Avidemux ini adalah salah satu aplikasi yang wajib anda coba. Buat pengguna Linux, rasanya aplikasi edit video yang satu ini sudah tidak asing lagi. File installernya kecil, tapi sakti untuk urusan mengedit file video.

Tampilan antarmuka Avidemux juga benar-benar sederhana, sehingga buat yang baru pertama kali menjalankan software editor video yang biasanya ruwet dengan ikon dan menu yang terpaksa dibuat kecil-kecil saking banyaknya itu akan merasa cepat beradaptasi dengan Avidemux.

Avidemux ini benar-benar gratis. Tidak secanggih Lightworks, Video Spin, Ezvid, atau yang lain sih fiturnya. Mengingat ukuran installernya saja beda jauh. Kurang dari 20 MB! Jadi jangan dibandingkan. Terus apa kelebihan Avidemux?

Tidak semua orang butuh mengedit videonya sampai menjadi berbeda sama sekali dari video asalnya. Juga tidak semua orang ingin memanipulasi image atau videonya menjadi begitu menipu. Ada banyak orang yang kebutuhan editing videonya sederhana saja.

Cut di sini, tempel di situ, sinkronkan dengan audionya, selesai. Meski sebenarnya Avidemux bisa lebih dari itu sih. Hehe…, saya hanya sampaikan sederhananya saja.

Avidemux aplikasi edit video yang mudah digunakan
Avidemux aplikasi edit video yang mudah digunakan

Avidemux memang tidak mengijinkan anda mengedit terlalu banyak video dalam satu waktu. Tapi selama anda hanya mengedit satu file video, atau beberapa file video yang karakteristiknya sama (codec, bit rate, dll) maka anda tidak akan kesulitan.

Avidemux juga tidak perlu proses re-encode untuk membuka banyak sekali format video yang didukungnya. Avidemux juga bagus sekali melakukan transcoding ke MPEG-4, MPEG-2, Sorenson Spark, AAC, MP3 dan PCM audio.

Sejak awal dibuat sampai versi terkahirnya sekarang, Avidemux tetap berdedikasi untuk membuat proses editing video dilakukan dengan mudah. Anda bisa melihat antarmuka yang sederhana dan mudah dimengerti. Meski, pada saat mengedit, sedikit diperlukan pengetahuan teknis.

Download Avidemux free video editor (18.20MB)

Salah satu kekurangan Avidemux adalah dia hanya bisa menangani satu stream video saja. Anda tidak bisa melakukan layering atau merging tracks seperti jika anda mengedit dengan Adobe Premiere. Beda kelas. Namun, jika anda hanya membutuhkan aplikasi editor video sederhana yang powerful dan benar-benar gratis, Avidemux sangat direkomendasikan.

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.