Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Bagus, Awet, dan Tidak Bikin Was-Was

Bagaimana cara memilih hard disk eksternal yang bagus? Itu mungkin pertanyaan anda setelah pusing baca brosur, iklan, tanya teman, mengunjungi pameran, dan ujung-ujungnya bertanya pada mbah Google. Hehe… Hard disk itu memang penting meski sebenarnya jauh lebih penting lagi data di dalamnya.

Hard disk bisa dibeli, mau harga murah sampai mahal sekali, itu tergantung berapa anggaran uang bebas yang bisa digunakan tanpa mengganggu stabilitas ketahanan ekonomi rumah tangga anda. Tapi isinya, data di dalamnya itu, banyak yang tidak akan tergantikan dengan uang berapapun.

Dan setelah putar-putar, tetap saja bingung dan pusing memilih hard disk eksternal yang bagus untuk kebutuhan anda menyimpan data dengan aman dan awet tidak mudah rusak.

Ya memang ini gampang-gampang susah. Sedikit ada faktor keberuntungan. Tapi kan susah kalau kita membeli sesuatu dengan dasar yang tidak bisa diprediksi begitu. Supaya lebih pasti, tentu ada cara yang cukup efektif meminimalisir unpredicted factor ini, jadi kita beli hard disk eksternal yang sesuai dengan anggaran, kebutuhan, dan bisa merasa aman karena dia awet.

Nah, apa saja yang harus dipertimbangkan supaya anda tidak salah memilih hard disk eksternal? Ada beberapa hal memang, seperti ini:Memilih hard disk eksternal

Merk Hard Disk Eksternal

Saat ini tidak sulit mencari produsen hard disk eksternal yang bagus, dari sisi merk-nya loh. Setidaknya jika anda memilih hard disk eksternal dari merk yang ternama, biasanya akan ada after sales service yang bagus, sekiranya nanti anda menemui masalah dengan hard disk tersebut.

Biasanya sih pengguna agak enggan untuk sampai membiarkan hard disk dipegang orang lain dalam waktu lama, sekalipun itu untuk diperbaiki, karena ini jelas rawan pencurian data.

Bagaimanapun garansi itu penting kan?

Masalahnya, hard disk bermerk terkenal cenderung harganya juga terkenal ‘mahal’ dibanding merk yang kurang terdengar. Ini bukan yang utama, tapi yang paling mudah. Biasanya mereka ini merk-nya Buffalo, Western Digital, Samsung, Sony, Toshiba dan Xtreamer.

Kapasitas

Ini terkait dengan kebutuhan anda. Hard Disk eksternal itu fungsinya lebih banyak untuk back-up data, bukan storage yang setiap saat anda gunakan untuk memindah file seperti flash disk. Selain rentan terkena virus karena harus pindah-pindah laptop atau PC, itu juga kurang baik bagi kesehatannya.

Seberapa besar data yang anda butuh simpan atau back-up? Jika anda hobi menyimpan film, apalagi yang HD, tentu anda akan membutuhkan hard disk eksternal ukuran dengan kapasitas terbesar dari yang bisa anda beli. Tapi ingat juga harganya juga besar. Jadi sesuaikanlah.

Kalau begitu cukup membeli hard disk eksternal dengan kapasitas kecil atau sedang?

Tidak juga.

Karena harga hard disk itu tidak linier dengan besaran kapasitasnya. Semakin besar kapasitasnya, harga yang anda bayar justru semakin rendah. Misalnya hard disk eksternal kapasitas 500 GB harganya sekitar 700 ribu, sementara yang 1 TB (2 kali lipat) harganya hanya 1 jutaan saja. Beda 300 ribu sudah mendapatkan 2 kali lipatnya.

Kan?

Kembalikan ke kebutuhan dan persediaan uang anda deh. Ndak usah memaksa.

Kecepatan Rotasi

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kecepatan rotasi dari sebuah piringan hard disk karena hal tersebut sangat mempengaruhi kecepatan menulis serta membaca datanya. Sebuah hard disk yang berputar pada kecepatan 7200 rpm akan menyuguhkan performa yang jauh lebih baik ketimbang hard disk 5400 rpm. Bahkan beberapa hard disk terbaru saat ini sudah mampu berputar pada kecepatan 10.000 rpm.

Konektivitas

Anda tahu port USB di laptop anda yang dalamnya berwarna biru itu? Wah, berarti laptop anda itu sudah punya port USB 3.0. Itu harus dimanfaatkan. Jadi pertimbangkan untuk membeli hard disk eksternal yang mendukung koneksi USB 3.0.

Anda akan mendapatkan kecepatan transfer sampai 10 kali lipat dibanding dengan hard disk eksternal yang hanya mendukung sampai USB 2.0. Jika anda sering memindahkan file berukuran ekstra besar, anda akan mensyukuri keputusan anda ini, meski harganya juga sedikit lebih mahal.

Perhatikan juga bila hard disk eksternal pilihan anda itu punya dukungan terhadap koneksi via port Thunderbolt. Ini lebih cepat lagi, kira-kira kecepatannya sampai 2 kalinya USB 3.0. Semua laptop dan komputer seri terbaru punya Apple sudah punya koneksi super cepat ini.

Tapi, untuk saat sekarang, atau kecuali anda memakai laptop Apple seri terbaru, tidak usah memaksa beli hard disk eksternal dengan dukungan Thunderbolt. Kenapa? Mahal. Kalau 2 atau 3 tahun lagi mungkin akan lebih murah dan lebih umum alias banyak yang pakai.

Bentuk dan Casing

Tidak seperti beberapa waktu lalu, sekarang hard disk eksternal juga berusaha tampil lebih manis. Beberapa orang mudah mati dengan warna tertentu. Jadi sejelek apapun itu casingnya, dia akan tetap memilih hard disk eksternal dengan warna favoritnya itu. Waduh, ini bisa berbahaya.

Pilih yang casingnya bagaimana dunk?

Yang jelas, casing hard disk eksternal itu harus

  • kokoh
  • jika berbahan plastik, maka harus plastik yang bagus
  • punya tata bangun yang bisa meminimalkan efek benturan keras
  • kalau bisa tidak licin dipegang tangan, kalau memang berbahan glossy dan licin, maka anda harus bersiap membelikan dia sleeve yang bagus.

Perhatikan juga keseharian anda. Jika nanti cuman dipakai dilingkungan biasa, di rumah atau kantor misalnya, maka tidak perlu membeli hard disk eksternal dengan casing super bagus yang juga super mahal, cukup yang casingnya normal.

Toh, kayaknya belum ada yang water-proof ya? Kecuali anda seorang yang gemar beraktifitas di luar ruangan, bepergian jauh, wartawan perang misalnya, haha…. Ya sebaiknya beli hard disk eksternal yang punya casing dengan perlindungan khusus.

Fitur

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika memilih hard disk external adalah fiturnya. Beberapa fitur yang wajib ada pada sebuah hard disk di antaranya adalah backup dan juga password protection. Terdapat juga berbagai macam fitur lain yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana? Sudah siap membeli hard disk eksternal yang bagus? Semoga tips diatas tidak malah membuat bingung ya… Intinya gini deh, berapa uang yang ada, berapa kapasitas yang dibutuhkan (jangan yang diinginkan, bisa tidak terbatas itu), lebih nyaman dengan merk apa. Begitu.

Kalau saya, fitur-fitur lebih yang ditawarkan hard disk ekternal merk tertentu itu terkadang tidak terlalu saya butuhkan, dan cenderung membuat kita membayar fitur yang lebih banyak berguna ketika kita punya pekerjaan berbeda, kan? Atau hidup yang berbeda, haha… alay… Selamat bingung. Coba baca ini dech: Pilihan Hard Disk Eksternal Yang Bagus supaya tidak keterusan bingungnya.

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

2 Comments

  1. Satu perkongsian yang baik. Teknologi terbaru dalam pembikinan sebuah harddisk ialah SSD harddisk yang menggunakan teknologi flash memory. Mungkin admin dapat membuka satu topik baru dan menceritakan kelebihan teknologi terbaru harddisk ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.