Cara Reset Password Windows 7 Dengan CD/USB Installer

Cara Reset Password Windows 7 Dengan CD/USB Installer | Anda lupa password login Windows 7? Atau sedang kebingungan mencari cara reset password tersebut? Atau mungkin sekedar iseng pingin membobol password Windows 7 milik teman anda? Jangan ya…. Yang akan kita bahas sekarang adalah cara reset password Windows 7 dengan DVD/USB Installer Windows 7. Kalau belum punya ya silahkan download iso Windows terlebih dahulu, bakar ke DVD. Atau kalau untuk netbook yang tidak ber-DVD Drive, silahkan baca dulu: Cara Membuat USB Flash Disk Windows Installer. Atau anda pilih mereset dengan Ubuntu Live CD?

Lupa password apapun itu sangat menjengkelkan. Kalau untuk akun kita di internet, macam akun email atau akun Facebook, kita bisa minta password reset. Lha kalau password login Windows? Jangankan meminta reset, masuk saja tidak bisa. Hehe…. Mau tahu caranya? Mudah kog, jangan khawatir.

Backup File Sticky Keys

Kalau sudah punya DVD/USB Installer Windows 7, silahkan atur laptop, PC, atau netbook anda untuk booting via DVD Drive, atau Flash disk, lakukan pengaturannya di BIOS.

Setelah bisa booting dari Installer tadi, klik pada Repair your computer di bagian pojok kiri bawah jendela installer tersebut, seperti ini:

Ikuti sampai anda mendapatkan pilihan untuk membuka Command Prompt, kemudian pilih, seperti ini:

Windows Recovery Command Prompt
klik pada Command Prompt

Pertama, silahkan ketik perintah di bawah ini untuk membackup file sticky keys yang asli:

copy c:\windows\system32\sethc.exe c:

Kemudian copy file cmd.exe di atas file exe dari sticky keys tadi seperti ini:

copy c:\windows\system32\cmd.exe c:\windows\system32\sethc.exe

Sekarang reboot komputer anda dari hard disk, jadi lebih enak kalau USB/DVD installer-nya dikeluarkan.

Reset password Windows 7

Setelah anda booting dan masuk ke login screen, tekan tombol Shift 5 kali, ini akan memunculkan command prompt dalam administrator mode.

Untuk mereset password-nya, cukup ketikkan perintah dibawah ini:

net user geek MyNewPassword

Sesuaikan MyNewPassword dengan keinginan anda.

reset password windows 7
reset password windows 7

Selesai sudah. Coba untuk login lagi.

Tentu saja, anda mungkin ingin mengembalikan file sethc.exe yang anda backup tadi. Caranya, booting lagi dengan DVD/USB Installer Windows 7 lagi, masuk ke command prompt, copy c:sethc.exe file ke c:windows\system32\sethc.exe. Semoga sekarang anda berhasil mereset password Windows 7.

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

22 Comments

  1. Maaf ada kesalahan dalam penulisan reset bios yaitu

    Copy c:sethc.exe file ke c:windowssystem32sethc.exe

    Copy c:sethc.exe c:windowssystem32sethc.exe
    .
    Tapi yang benar
    Copy c:sethc.exe c:windows\system32\sethc.exe

    Saya lihat dituritorial

  2. saya udah coba sampai tahap ganti password
    c:\windows\system32>user AMT Computer mynewpassword tapi tetap gagal.
    saya coba c:\windows\system32>net user AMT computer mynewpassword tetap sama saja, mynewpassword saya ganti dengan password (kata lain ) sama saja,

    mohon bantuannya

      1. User name nya 2 kata , dilaptop saya ada 3 user name , yang 2 user name saya coba ganti password, nggak ada masalah waktu di booting ulang , dua duanya bisa diakses, tapi yang satunya user name AMT computer nggak bisa . dari user list tercantum AMT Computer ( dengan huruf kapital dan spasi) sdh dicoba semua ) slalu gagal..
        saya juga udah coba user AMT atau AMTComputer ( tanpa spasi) tetap gagal.
        satu lagi info, waktu login dilayar screen laptopnya . user AMT Computer warnamya beda dengan 2 user yang lain . user AMT Conputer berwarna putih, 2 user lain berwarna biru, apa perbedaannya ya ?
        tolong dibantu .
        thanks

        1. Kalau sampai level seperti itu, rasanya saya ndak kompeten bantu Om….
          Cuman bisa bantu doa saja… Silahkan cari cara yang di share teman-teman yang lain…

          Ayo2, ada yang bisa bantu Om Mugi?

          1. masalahnya udah clear, untuk user yang pake 2 kata harus ditambahkan tanda kutip (“) diantara nama usernya.
            net users “AMT Computer” mynewpassword
            dan berhasil
            thanks for all

  3. pengalaman yg kedua kalinya gagal login ke windows gara2 entah kenapa password yg saya bikin ternyata pas dipake untuk login setelah laptop starting up incorrect terus.. padahal password yg saya masukin 100% bener nggak ada yang salah.. untung aja nemu artikel ini, terus saya coba reset passwordnya lewat command prompt dan berhasil ^^,

    he he he jadi gaperlu ribet2 ngereset pake software atau nginstal ulang..

    thankyou for posted this article 🙂

    1. Saya dapat masalah yg sama bro “The system cannot find the file specified”…
      CARA MENGAKALINYA,, ganti drive C menjadi D, yg sebelumnya perintah “copy c:\windows\system32\sethc.exe c:\” UBAH MENJADI “copy d:\windows\system32\sethc.exe d:\
      Begitupun juga perintah “copy c:\windows\system32\cmd.exe c:\windows\system32\sethc.exe” UBAH MENJADI “copy d:\windows\system32\cmd.exe d:\windows\system32\sethc.exe..
      Dan hasilnya sukses,,,
      Sebelumnya thanks tuk admin web dee-nesis,, Wassalam

      1. Kalau ada pesan “The system cannot find the file specified” berarti file yang dicari tidak ditemukan di drive atau folder yang dituju. Dalam hal ini drive C: di folder \windows\system32\sethc.exe
        Kalau mas Andi mengubahnya di D: dan ternyata berhasil, berarti bisa diasumsikan ada dua instalasi Windows. Pertama di drive C: dan kedua di drive D:.
        Kalau kita hanya punya satu instalasi Windows, maka di drive D: tidak ada folder \windows\system32\ yang di dalamnya ada file sethc.exe.

        Kemungkinanya, kita harus cari dulu itu file sethc.exe berada di mana. Bisa dengan search di Windows Explorer. Jangan lupa munculkan semua file, termasuk file system dan file yang di hidden di C:
        Semoga membantu.

  4. setelah saya sampai tahap mengganti password dengan mengetikkan net user geek MyNewPassword, kok malah keluar tulisan: The user name could not be found. More help is available by typing NET HELPMSG 2221. Mohon penjelasannya.

    1. hlah… kan itu CD/USB Installer Windows. Ya tinggal cari file iso installer Windows 7, trus dibakar ke CD atau ke flash disk. Kalau download-nya di mana ya terserah. Ada banyak banget yang punya link-nya. Googling sendiri-lah. Minimal file iso installer Windows 7 yang normal itu kira-kira 2,5 gigaan gitu. Banyak yang lebih. Tergantung versinya, mau yang 32 atau 64 bit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.