Cara Menyelamatkan Data Memory Card Yang Rusak

Cara Menyelamatkan Data Memory Card Yang Rusak | Ini bisa jadi bencana ketika di dalam kartu memory kita itu tersimpan file-file yang penting, seperti video pesta ulang tahun, foto ketika anda bersama keluarga berlibur. Beberapa orang bahkan menyimpan file Office pekerjaan mereka di dalam kartu memory HP atau tablet.

Nah, ketika kartu memory bermasalah, entah sama sekali tidak dikenali atau beberapa file menolak untuk dibaca, padahal kita sedang sangat membutuhkannya, kita jadi bertanya, adakah cara untuk menyelamatkan dan mengembalikan data berupa file di memory card yang rusak tersebut?

baca juga:

Ada kog saudara. Meski mungkin hasilnya tidak akan bisa mengembalikan seluruh file. Dari yang pernah saya lakukan, jika file tertentu itu rusaknya parah, misalnya file foto berekstensi jpg, masih bisa dibaca dan di konstruksi ulang, namun hasilnya menjadi berupa file yang di beberapa bagiannya terlihat abu-abu.

Tapi itu tergantung dengan tingkat kerusakannya juga. Minimal anda masih akan bisa membaca sebagian besar file.

Tips: Setelah pertama kali anda menyadari ada yang salah dengan kartu memory anda, sebaiknya jangan lakukan apapun yang bisa mengubah struktur data di dalamnya, termasuk membuat file baru, seperti mem-foto, menerima file dari perangkat lain (HP, laptop, internet) dengan sambungan apapun (Bluetooth, WiFi, Internet).

Karena itu akan membuat struktur file di dalam kartu memory disusun ulang tempatnya.

Kalau file-nya masih bagus, tidak masalah, tapi kalau filenya sudah bermasalah, kemungkinan dia akan tertimpa file lain jadi besar, dan itu memperkecil kemungkinan dia bisa di selamatkan atau di recover.

Cara menyelamatkan data memory card

Di luar sana ada banyak sekali aplikasi yang berjalan di Windows yang berfungsi untuk mengembalikan data atau file di kartu memory yang rusak.

Namun, selama ini saya terbiasa dengan dua aplikasi saja. Recuva Data Recovery dan Recover My Files

Recuva Data Recovery

Tahu CCleaner? Tools untuk bersih-bersih registry Windows yang kecil namun sakti itu? Nah, Recuva Data Recovery ini dibuat oleh perusahaan yang sama, Piriform. Bagi pecinta CCleaner, pastinya akan yakin juga bahwa Recuva Data Recovery ini akan bekerja dengan baik untuk proses data recovery kartu memory anda. Silahkan download dulu si Recuva.

Download Recuva Data Recovery

Kelebihannya:

  • ukuran file installernya kecil banget: 3.55 MB saja
  • bekerja dengan cepat
  • interface yang sederhana
  • mengembalikan file dalam drive terformat
  • bisa mengembalikan data pada flash disk, semua format kartu memory
  • wizard yang sangat membantu

Kelemahan:

  • tidak bisa mengembalikan file yang di hapus oleh CCleaner
  • tidak ada filter

Untuk pertama kali penggunaannya, ikuti saja Wizard-nya, mudah kog, instruksinya juga menggunakan bahasa Inggris yang simple.

Saran saya sih pilih deep scan, meski waktunya akan lebih lama, tapi scanningnya akan lebih bagus.

Saya centang pada pilihan deep scan

Cara Menyelamatkan Data Memory Card Yang Rusak dengan Recuva Untuk Recover My Files, ntar dulu ya…. Tunggu post berikutnya dech….

Kalau setelah berupaya menyelamatkan data di memory card kamu, tapi ternyata tidak berhasil juga, mungkin sudah saatnya kamu beli baru deh. Kamu bisa membaca beberapa pilihan terbaiknya di Pilihan Kartu Memory Terbaik Paling Murah.

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

36 Comments

  1. Gan, masalahnya memory cardnya tidak bisa terbaca atau terdetect sama sekali. Dimasukin ke laptop gak terbaca dan dimasukin hp juga tidak terbaca. Nah kalo itu bagaimana mengatasinya gan? Tolong gan solusinya, banyak data penting soalnya.

    1. coba gunakan card reader lain gan… kadang di situ masalahnya. Atau bisa juga dicoba-coba gunakan port USB yang berbeda. Kalau masih gagal juga, coba gunakan laptop atau PC yang lain.
      Kalau semua sudah dicoba ya… mungkin sudah waktunya ganti gan. Soal datanya… hmmm…. Saya cuman bisa ikut berbela sungkawa….

  2. gan ane mau tanya, waktu itu ane menyambungkan data hp ke laptop, trus ane buka data ane di situ… nah pada saat data hp terbuka, kabel usb nya tercabut dari laptop, tiba2 data hp itu hilang ketika disambungkan lgi ke laptop data hp terbaca tapi kosong tidak ada data nya… cara ngebalikinnya gimana yah, tolong di bantu

    1. silahkan baca ulang posting di atas mas Bahrul…
      Intinya cuman jaga supaya tidak ada file baru yang dibuat di microSD HP anda itu. Cabut dengan benar (matikan HP terlebih dahulu sebelum mencabutnya).
      Masukkan microSD ke card reader. Lalu gunakan aplikasi untuk menyelamatkan data di microSD di Windows. Bisa gunakan salah satu dari dua aplikasi yang direkomendasikan dalam posting di atas mas Bahrul.
      Kalau gagal, coba pakai get data back, atau aplikasi lain. Buanyak kog …. Dan jangan lupa berdoa ya….

  3. Gan kalo kita masukin kartu memorinnya habis itu langsung ada tertulis kartu memori eror,itu gimana yah?kartu memorinya udah rusak apa belum sih?

    1. Bisa mas Syar. Download apk bisa pakai browser apapun. Tinggal buka folder di mana file tadi di download pakai File Manager apapun, trus tap dan install.

  4. mas, gra” sya msukin sdcard sya ke mp3 player di mobil, bbrpa folder dan file di sdard sya gbsa dbca, ktany corrupt .. yg gbsa dbca itu lgu, video, sma pdf,. foto bsa dbca. itu bisa dibalikin/diperbaiki ga mas?. mohon solusiny, mksih …

    1. kemungkinan besar ada yang corrupt di kartu microSD-nya. Bisa pakai Recuva, get data back, atau sekadar di fix melalui tool-nya Windows Explorer. Semoga bisa membantu. Ow iya. Bisa juga modul pembaca kartu di HP-nya bermasalah, kotor misalnya atau yang lain. Coba pakai untuk membaca kartu MicroSD yang lain. Kalau bisa, berarti kartu microSD anda yang bermasalah. Kalau tidak bisa ya berarti memang itu yang bermasalah.

      1. kak mau tanya saat membuka aplikasi untuk step 1 & 2 bisa tapi saat pemilihan drive yg mau discan muncul pemintaan untuk format. yang saya ingin tanyakan haruskah saya format untuk menyelamatkan data atau ada pilihan cara lain? krn yg saya takutkan ketika saya klik format data tidak dapat dikembalikan. mohon pencerahannya

        1. Bisa karena rusaknya sudah parah. Bisa juga cuman karena microSD-nya kotor atau port pembaca microSD-nya yang bermasalah. Ada banyak kemungkinan sampai itu microSD tidak dikenali.
          Jadi silahkan coba di laptop atau komputer lain, ganti card reader, atau bersihkan permukaan microSD yang kuning-kuning itu. Usahakan tidak sampai terkena kulit kita supaya bersih.

  5. Kak mau tanya, tiba2 kartu memori hp saya rusak. Di notification ada tulisan ” kartu sd rusak, anda perlu memformat kartu sd anda, seluruh data pada kartu sd akan hilang ” gimana tuh kak? Kalo saya tekan format takutnya filenya betul ilang semua . Jadi gimana ya kak solusi nya?

  6. Kak gimana cara ngembaliin memory,padahal memory nya udh tak pasang di hp tapi tulisannya kartu sd dicabut masukkan yang baru.aq pngen kartuku kembali seperti semula.tolong bantuin kak

  7. Min sd card saya rusak setelah unduh game, awalnya minta format tapi saya tidak tanggapi. Lalu saya matikan HH dan pasang sd card ke card reader. Disitu tidak terbaca kapasitasnya, tapi masuk ke disk G & untuk mengirim file pun masih bisa (walau error ujungnya). Saya udah coba beberapa cara & nihil. Tolong pencerahannya min..
    THX

  8. min gimana kartu memoriku rusak kalau sy msukin dia blng kartu memori rusak disarankan untuk memformatnya, tp saya takut min. terus sy coba msukin ke leptop untuk d scan tp memorinya ga kebaca, padahal banyak file penting didalamnya min. mohon sarannya min makasih

    1. sudah ngikutin cara menyelamatkan data memory card di posting ini apa belum mbak Sitra? Kalau sudah semua cara di atas ditempuh dan masih gagal, cobalah minta tolong teman yang punya akses fisik ke memory card tersebut. Kalau cuman dari jauh begini, ya saya cuman bisa bantu doa.

      Lain kali manfaatkan penyimpanan cloud saja mbak untuk data yang benar-benar penting. Macam di Google Drive atau One Drive. Jadi kalau ada masalah, semisal HP hilang atau memory card bermasalah begini masih bisa diakses file-nya. (asal tidak lupa password email saja, hehe….)

  9. Min mau tanya,memory card saya rusak.padahal kemarin malam semua data memory card masih ada,terus besok paginya data tidak ada semua/tidak ada penyimpanan,gimana solusinya… tolong penting banget soalnya

    1. wah. kalau jadi sebesar itu kurang tahu mas Adi.
      Bisa jadi karena di mmc sebelumnya ada banyak file yang berada dalam keadaan tekompresi.

      Tapi kog sampai segitu besarnya ya?

  10. ka, aku coba pake recuva terus pas mau recover kok ga bisa ya ? keterangannya ‘ the parameter is incorrect’ , itu kenapa ya ? mohon pencerahannya

    1. hlah? kan itu parameternya yang keliru.
      Berarti ada yang salah dengan permintaan yang mbak Nurul berikan ke aplikasi Recuva ini.
      Coba lagi dengan pengaturan yang benar. Hehe….

  11. Mas ini memori saya rusak tidak dapat terdeteksi digaleri/musik dll. Di hp ada tulisan memori rusak jd harus diformat .. kmrin saya coba diteman saya katanya data di mmcnya masih bisa diselamatkan. Tp dia ga mau kasih tau caranya mas .. karena yg penting itu datanya .. gmn ya mas cara buat nyalin datanya itu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.