Mengatasi Tombol Fn Tidak Berfungsi Windows 8

Tombol Fn tidak berfungsi pada Windows 8 | Masalah koneksi WiFi pada Windows 8 | Download Asus ATK Driver Terbaru | Asus ACPI Driver | Kalau anda pecinta laptop atau netbook Asus dan baru saja melakukan install Windows 8, baik sebagai OS tunggal atau dual boot dengan Windows 7 seperti yang saya lakuka dengan Asus 1215B E450 saya, maka kemungkinan anda juga menemui masalah ketika akan menghubungkan laptop dengan WiFi.
Secara default, Windows 8 memang mematikan adapter WiFi di laptop. Saya sudah coba mengaktifkannya dengan mencari jalan di Control Panel, Internet and Network, tetap tidak ketemu. Pakai troubleshooter juga tidak menemukan penjelasan. Yang ditemukan adalah bahwa adapter WiFi berada dalam kondisi off alias mati, dan si troubleshooter tidak bisa serta merta mengaktifkannya. Begitu saja informasinya.
baca juga: Perbedaan Microsoft Office 2013 dan Office 365
imageMulailah pencarian saya di Google tidak dengan mencari cara menyalakan WiFi di Windows 8, tapi menjadi cara mengaktifkan tombol fungsi (how to enable Fn keys on Windows 8) begitu. Dan memang itulah masalah yang sebenarnya mengapa laptop dengan Windows 8 kesulitan terhubung dengan WiFi.
Kebanyakan laptop sekarang tidak lagi datang dengan dilengkapi tombol saklar WiFi tersendiri, tapi switch itu memanfaatkan kombinasi tombol Fn + tombol F1 + F12. Dalam hal ini, Asus 1215B saya menggunakan Fn+F2 untuk mengaktifkan adapter WiFi.
Dengan sedikit sok tahu, saya install HotkeyService_1.38.exe bawaan driver Windows 7. Hmmm, proses instalasinya sih baik-baik saja, tapi kemudian muncul notofikasi bahwa Windows 8  tidak menemukan Asus ACPI Driver, padahal ketika saya cek di Device Manager, Asus ACPI Driver-nya sudah terpasang. Hmmm, berarti kemungkinannya versi itu tidak bisa dipasang di Windows 8. Googling lagi. Dan akhirnya dapat informasi bahwa Asus sudah merilis ATK Driver terbaru yang mendukung Windows 8. Segera saja saya download dan install, eh, tapi sebelumnya saya uninstall dulu Asus HotKeyService yang lama. Dan….
Download Latest Asus ATK Driver
Setelah booting, tombol Fn sudah berfungsi dengan baik, notifikasi missing Asus ACPI Driver juga sudah tidak ada. Dengan demikian adapter WiFi juga sudah bisa di aktifkan. Tombol Fn ok; WiFi ok. Sip!!! Tidak jadi terlalu kecewa dengan Windows 8. Harapan saya satu saja, seandainya Metro UI ini bisa dihilangkan saja….
 

Bukan ini yang anda cari? Ketikkan kata kunci pencarian anda di sini ....

1 comments:

Michael Liem said...

saya sih berharapnya metro ui masih ada, cuman start menunya di munculin lagi, jadi metro uinya kayak app gitu hehe :)

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ...
Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf.
Supaya anda dapat backlink, silahkan memakai keyword sebagai nama. Itu jauh lebih baik dari pada menyertakan live link. Oyi?

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

dee-nesia on Google+

dee-nesia on Facebook

Copyright 2011 - 2014 dee-nesia is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by