Tutorial Google SketchUp Bahasa Indonesia

Sedang mencari tutorial Google SketchUp bahasa Indonesia? Tutorial berbentuk blog atau yang bisa didownload? Kalau bisa dalam bentuk pdf, mobi, atau epub sekalian gitu ya, hehe….

Google SketchUp memang bagus sekali, selain gratis (kecuali yang Pro), file installernya tidak terlalu besar, kemampuan olah grafis 3D-nya bagus (jangan dibandingkan dengan 3D Max atau Maya loh…), tidak menuntut spesifikasi komputer yang muluk-muluk, penggunaan mudah, fitur yang sederhana dan mudah dipahami, belum lagi ada add in tambahan yang bisa kita pakai supaya Google SketchUp lebih sakti lagi.
Masalahnya sekarang adalah, meskipun sepintas mudah dipahami, namun tetap saja akan lebih mudah seandainya ada tutorial pemakaian Google SketchUp bahasa Indonesia. Di beberapa tempat situs file sharing macam 4shared, ada juga yang sudah membuatkan tutorial Google SketchUp ini. Cuman ujung-ujungnya kita diminta membayar sekitar 10 ribu rupiah. Kalau anda mau, ya silahkan saja, tapi menurut saya itu tidak pada tempatnya ditaruh di 4shared, kalau bayar kan tidak jadi share namanya, hehe. Kalau mau jualan ya taruh saja di blog, atau dibuatkan website sendiri, hmmmm….

Ok, kembali ke tutorial Google SketchUp versi bahasa Indonesia ini. Karena saya bukan master-nya SketchUp, kurang layaklah kalau saya menuliskannya buat anda, tidak tahu nanti kalau saya sudah pede, hehe…. Maka, untuk saat ini saya bagikan saja link situs dan blog yang membahas tutorial Google SketchUp berbahasa Indonesia. Sebagian dari link yang saya kumpulkan ini juga menyajikan tutorial SketchUp berbentuk video di youtube berbahasa Indonesia loh. Benar-benar para master SketchUp yang rajin dan tidak enggan berbagi. Tidak seperti saya yang cuman mengejar keyword saja, wkwkwkwk….
Ok, inilah beberapa tempat tutorial Google SketchUp bahasa Indonesia:

1. http://sketchuptutor.blogspot.com/.http://sketchuptutor.blogspot.com/
  • Blog yang tampaknya dibuat khusus berisi tentang tutorial Google SketchUp dalam bahasa Indonesia ini sebenarnya bagus sekali. Cuman, sang empunya mungkin sudah terlalu sibuk dengan aktivitas lain sehingga blog tutorial bagus ini ditinggalkan. Eman, karena dari sisi materi tutorial terlihat bahwa pemiliknya lumayan expert dengan SketchUp. Tidak seperti blog lain yang isinya cuman copy-paste. Yang ini: bagus.
  • Materi: mencakup beberapa (karena keburu ditinggalkan oleh pemiliknya) hal mendasar mengenai penggunaan SketchUp.
  • Untuk yang mau tutorial langkah demi langkah penggunaan SketchUp, juga ada di blog ini. Silahkan dikunjungi. Kalau bisa digugah juga yang punya ya, mungkin dengan memberi komentar atau mengirimi email, hehe… Biar ada tutorial baru.
  • Kalau yang satu ini sebenarnya bukan blog tentang Google SketchUp, juga bukan berisi tutorial detail SketchUp, terus kenapa dimasukkan? Karena di blog ini kita bisa menemukan banyak link download resource berisi video google SketchUp berbahasa Indonesia.
  • Di situ juga ada link download Google SketchUp dan beberapa add in + crack-nya, jadi saya kira layak dimasukkan ke daftar link tutorial ini.
3. http://sketchuptip.blogspot.comhttp://sketchuptip.blogspot.com
  • hehe, blog tentang tutorial Google SketchUp satu ini agak gimana gitu, mengingatkan saya pada salah satu blog yang pernah saya buat yang berisi macam-macam video tutorial yang bahannya saya ambil dari video di youtube.com. Lumayan traffiknya, meski dengan SEO sederhana, tapi tidak saya temukan kepuasan di situ. Jadinya: abandoned dech.
  • Ok, blog ini bagus tampilannya, dengan iklan Adsense 2 kali 336x228 dua buah di atas judul posting dan di bawah content post berupa video. Lumayan. Ada juga satu unit iklan link di sidebar. Hmmm, saya tidak tahu traffiknya, menggoda juga untuk membuat yang seperti ini, hihihi….
  • Soal content: hmmm, seandainya ada deskripsi yang lebih panjang, mungkin akan lebih baik hasilnya. Silahkan dikunjungi dan belajar SketchUp dari video-video di situ.
4. http://azri3d.blogspot.com/http://azri3d.blogspot.com/
  • Secara pribadi, saya tidak kenal dengan mbak atau ibu Azri ini. Mungkin anda tidak peduli, tapi blog inilah satu-satunya yang linknya saya buat dofollow. Mengapa? Karena saya salut dengan isi blognya. Bagus, orisinil, bahasanya sederhana, tidak ada iklan, niat, bagus pokoknya.
  • Tapi ada satu yang membuat saya agak kecewa meskipun tahu tidak punya hak; beliau tidak lagi aktif mengisi blog tutorial Google SketchUp ini. Postingan terakhirnya adalah pada tanggal 31 Oktober 2011. Eman to? hehe, pokoknya yang satu ini saya rekomendasikan banget untuk belajar Google SketchUp bahasa Indonesia.
  • Hehe, kalau yang satu ini memang aslinya berbahasa Inggris, tapi kalau memang anda ngebet, ada pilihan untuk mengubah bahasanya kog, kalau ternyata tidak ada pilihan bahasa Indonesia, coba gunakan Google Translate. Tidak ada yang tidak bisa, hehe….
  • Di sini ada banyak bahan untuk memelajari Google SketchUp. Jangan berhenti mencari, meskipun anda harus tersesat di tempat-tempat yang anda bayangkan sebelumnyapun tidak.
Selamat belajar.
Catatan:
  • kalau anda menemukan blog dengan banner seperti ini:image, hmmm, blog ini menyediakan ebook dan tutorial dalam bentuk video, tapi tidak gratis, kalau mau ya silahkan, kalau tidak ya jangan sampai terpaksa membeli.
Ok, bagaimana? Silahkan kunjungi link tentang tutorial Google SketchUp bahasa Indonesia di atas, semoga membantu.

 

Bukan ini yang anda cari? Ketikkan kata kunci pencarian anda di sini ....

1 komentar:

Aray Satiya mengatakan...

Terima kasih atas informasinya.. di tunggu kunjungan baliknya ..

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ...
Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf.
Supaya anda dapat backlink, silahkan memakai keyword sebagai nama. Itu jauh lebih baik dari pada menyertakan live link. Oyi?

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

dee-nesia on Google+

dee-nesia on Facebook

Copyright 2011 - 2014 dee-nesia is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by