Tips Mengambil Foto Dengan Kamera HP

Tips Foto Dengan Kamera HP biar bagus hasilnya | Rata-rata HP keluaran terbaru datang dengan kamera bawaan yang bagus. Angka 5 megapixel sepertinya sudah menjadi standar. Untuk ponsel dengan sistem operasi iOS, Android, tersedia banyak sekali aplikasi pengolah foto yang bisa di download dengan mudah.

Instagram misalnya.

Awalnya aplikasi yang bisa membantu kita membuat hasil foto kamera hp yang biasa saja menjadi tampak luar biasa, cuman kalah sedikit dari kamera digital biasa. Kepopuleran Instagram yang kemudian hadir di Android juga membuat kamera ponsel menjadi kuat dan layak menggantikan kamera digital biasa. Tidak perlu membawa dua gadget kalau kita bisa menggunakan satu gadget saja kan?

Terlebih sekarang, rata-rata kamera ponsel semakin tidak bisa dianggap enteng kemampuannya. Apa yang menjadi fitur kamera digital kompak beberapa tahun lalu sudah menjadi fitur sangat biasa di kamera ponsel. Untuk mengambil foto panorama misalnya. Perkara hasil juga begitu.

Semakin lama semakin luar biasa. Angka 8 megapixel itu sekarang lumrah banget untuk kekuatan kamera smartphone Android. Untuk tipe premium, angkanya bisa jauh lebih bagus lagi.

Nah, supaya hasil foto ponsel kita semakin bagus, perhatikan tips-tips berikut ini.
Tips Mengambil Foto Dengan Kamera HP

Tips foto dengan kamera hp

  1. Biasakan diri kamu denga fitur-fitur kamera di hp-mu
    Jangan ragu untuk menelusuri menu setting, sampai kamu terbiasa dan tahu benar di mana letak menu untuk melakukan setting tertentu. Cobalah menu-menu tersebut dan amati efeknya. Pada umumnya, kamera ponsel-mu memberi kamu kemungkinan untuk mengubah resolusi, lampu flash, fokus, tipe jepretan, white balance, warna, dan self timer. Tidak semua hp mempunyai fitur kamera yang mumpuni. Ada baiknya kamu mengetahui semua kelebihan dan kekurangan kamera hp-mu itu. Sehingga bisa mengambil manfaat penuh dari kamera yang sudah kamu punya.
  2. Cobalah semua setting kamera yang ada di hp-mu
    Mirip dengan cara menggunakan camera digital umumnya. Setiap perbedaan situasi dan keadaan membutuhkan setting yang berbeda. Memang sih dengan  membiarkan semua menjadi auto bisa jadi jalan paling mudah. Tapi tidak semua yang auto itu akan memberimu hasil terbaik. Jadi jangan takut untuk mengubah-ubah setting kameramu. Cobalah untuk memfoto satu objek diam dari tempat yang sama, dengan setting yang berbeda. Lalu amati hasilnya. Pastikan kamu memahami setting terbaik untuk setiap keadaan.
  3. Tidak perlu pakai effect khusus atau menambahkan border ketika mengambil foto
    Lupakan semua fitur tambahan seperti otomatis menambahkan frame atau border pada foto. Kamu bisa menambahkan efek seperti itu belakangan. Sangat mudah. Jadi sekarang fokus sajalah dengan objek yang hendak kamu bidik. Lucu memang, tapi terkadang justru membuat fotomu sulit di olah kemudian.
  4. Jagalah kebersihan lensa
    Ponsel adalah salah satu gadget yang paling kotor. Karena selalu kita pegang dan ikut kemana pun kita pergi. Maka kotoran pun juga selalu siap mengikuti. Nah, pastikan kamera ponselmu bersih dengan mengusapnya dengan kain lembut sebelum kamu memotret.
  5. Gunakan sumber cahaya terbaik yang ada di situ
    Kalau mungkin, cukup gunakan cahaya alami saja. Kalau memang sangat perlu gunakan juga flash. Coba ambil gambar dua kali, memakai flash dan tanpa flash lalu bandingkan hasilnya. Flash terkadang malah membuat objekmu tidak terlihat alami. Cobalah semua sudut pengambilan gambar yang mungkin. Perhatikan arah datangnya cahaya. Kalau kamera ponsel-mu biasa saja, sekuat tenaga hindari objek yang terletak di antara sumber cahaya dan kamu.
  6. Jaga kamera-mu tenang ketika mengambil foto
    Begitu tanganmu bergetar, maka fotomu bisa cuman layak di hapus.Kalau kameramu punya fitur autofocus biarkan dia mengambil focus sebentar lalu tekan penuh. Tunggu beberapa saat, sampai dia siap untuk mengambil gambar lagi. Tidak perlu terburu-buru.
  7. Atur setting White Balance
    Secara default, kamera ponselmu akan diatur pada posisi auto untuk white balance setting-nya. Namun, kamu bisa mengaturnya lagi sesuai dengan kondisi yang kamu hadapi. Dengan mengubah setting ini maka hasil fotomu akan lebih baik.
  8. Atur Frame Fotomu
    Jangan memaksa untuk melakukan zooming atau kamu akan kecewa. Cobalah untuk berjalan mendekati objek seperlunya. Zooming akan membuat fotomu lebih rentan terhadap gerakan tanganmu. Bergetar sedikit saja akan membuat fotomu nge-blur tidak karuan.
  9. Usahakan objekmu tenang
    Kamera pada ponsel umumnya mempunyai kecepatan shutter yang agak lambat. Dan repotnya, tidak bisa diatur. Jadi, butuh beberapa saat sampai kameramu benar-benar menangkap image yang di foto.
  10. Jepretlah beberapa kali
    Karena image yang kamu jepret disimpan dalam format digital yang mudah dihapus, maka jepretlah sebanyak yang diperlukan. Kemudian kamu bisa pilih foto yang terbaik. Terkadang hasil foto bisa berbeda meskipun masih tetap menggunakan setting yang sama. Bisa jadi karena perubahan sedikit pada objek kamu.

Kalau kamu benar-benar mengandalkan kamera pada hp-mu, ada baiknya kamu mencari informasi sebanyak mungkin tentang ponselmu dan kameranya. Sekiranya mungkin, kamu bisa membeli ponsel yang kameranya bagus.

Bagaimana? Apakah tips foto dengan kamera hp biar hasilnya bagus di atas cukup bermanfaat?

Khusus buat yang merasa foto hasil jepretan kamera Androidnya kabur, sulit fokus, cenderung buram atau pecah, atau foto terlihat berpendar, silahkan baca juga Cara Membuat Kamera Android Lebih Jernih Dengan Mudah. Jangan ragu untuk share ya… 

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

8 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.