Tips Mengambil Foto Dengan Kamera HP

Rata-rata HP keluaran terbaru datang dengan kamera bawaan yang bagus. Angka 5 megapixel sepertinya sudah menjadi standar. Untuk ponsel dengan sistem operasi iOS, Android, tersedia banyak sekali aplikasi pengolah foto yang bisa di download dengan mudah. Instagram misalnya. Awalnya aplikasi yang bisa membantu kita membuat hasil foto kamera hp yang biasa saja menjadi tampak luar biasa, cuman kalah sedikit dari kamera digital biasa. Kepopuleran Instagram yang kemudian hadir di Android juga membuat kamera ponsel menjadi kuat dan layak menggantikan kamera digital biasa. Tidak membawa dua gadget kalau kita bisa menggunakan satu gadget saja kan?

Terlebih sekarang, rata-rata kamera ponsel semakin tidak bisa dianggap enteng kemampuannya. Apa yang menjadi fitur kamera digital kompak beberapa tahun lalu sudah menjadi fitur sangat biasa di kamera ponsel. Untuk mengambil foto panorama misalnya. Perkara hasil juga begitu. Semakin lama semakin luar biasa. Angka 5 megapixel itu sekarang lumrah banget untuk kekuatan kamera smartphone Android. Untuk tipe premium, angkanya bisa jauh lebih bagus lagi.

Nah, supaya hasil foto ponsel kita semakin bagus, perhatikan tips-tips berikut ini.
Mengambil Foto Dengan Kamera Ponsel1. Biasakan diri kamu denga fitur-fitur kamera di hp-mu
Jangan ragu untuk menelusuri menu setting, sampai kamu terbiasa dan tahu benar di mana letak menu untuk melakukan setting tertentu. Cobalah menu-menu tersebut dan amati efeknya. Pada umumnya, kamera ponsel-mu memberi kamu kemungkinan untuk mengubah resolusi, lampu flash, fokus, tipe jepretan, white balance, warna, dan self timer. Tidak semua hp mempunyai fitur kamera yang mumpuni. Ada baiknya kamu mengetahui semua kelebihan dan kekurangan kamera hp-mu itu. Sehingga bisa mengambil manfaat penuh dari kamera yang sudah kamu punya.
2. Cobalah semua setting kamera yang ada di hp-mu
Mirip dengan cara menggunakan camera digital umumnya. Setiap perbedaan situasi dan keadaan membutuhkan setting yang berbeda. Memang sih dengan  membiarkan semua menjadi auto bisa jadi jalan paling mudah. Tapi tidak semua yang auto itu akan memberimu hasil terbaik. Jadi jangan takut untuk mengubah-ubah setting kameramu. Cobalah untuk memfoto satu objek diam dari tempat yang sama, dengan setting yang berbeda. Lalu amati hasilnya. Pastikan kamu memahami setting terbaik untuk setiap keadaan.
3. Tidak perlu pakai effect khusus atau menambahkan border ketika mengambil foto
Lupakan semua fitur tambahan seperti otomatis menambahkan frame atau border pada foto. Kamu bisa menambahkan efek seperti itu belakangan. Sangat mudah. Jadi sekarang fokus sajalah dengan objek yang hendak kamu bidik. Lucu memang, tapi terkadang justru membuat fotomu sulit di olah kemudian.
4. Jagalah kebersihan lensa
Ponsel adalah salah satu gadget yang paling kotor. Karena selalu kita pegang dan ikut kemana pun kita pergi. Maka kotoran pun juga selalu siap mengikuti. Nah, pastikan kamera ponselmu bersih dengan mengusapnya dengan kain lembut sebelum kamu memotret.
5. Gunakan sumber cahaya terbaik yang ada di situ
Kalau mungkin, cukup gunakan cahaya alami saja. Kalau memang sangat perlu gunakan juga flash. Coba ambil gambar dua kali, memakai flash dan tanpa flash lalu bandingkan hasilnya. Flash terkadang malah membuat objekmu tidak terlihat alami. Cobalah semua sudut pengambilan gambar yang mungkin. Perhatikan arah datangnya cahaya. Kalau kamera ponsel-mu biasa saja, sekuat tenaga hindari objek yang terletak di antara sumber cahaya dan kamu.
6. Jaga kamera-mu tenang ketika mengambil foto.
Begitu tanganmu bergetar, maka fotomu bisa cuman layak di hapus.Kalau kameramu punya fitur autofocus biarkan dia mengambil focus sebentar lalu tekan penuh. Tunggu beberapa saat, sampai dia siap untuk mengambil gambar lagi. Tidak perlu terburu-buru.
7. Atur setting White Balance
Secara default, kamera ponselmu akan diatur pada posisi auto untuk white balance setting-nya. Namun, kamu bisa mengaturnya lagi sesuai dengan kondisi yang kamu hadapi. Dengan mengubah setting ini maka hasil fotomu akan lebih baik.
8. Atur Frame Fotomu
Jangan memaksa untuk melakukan zooming atau kamu akan kecewa. Cobalah untuk berjalan mendekati objek seperlunya. Zooming akan membuat fotomu lebih rentan terhadap gerakan tanganmu. Bergetar sedikit saja akan membuat fotomu nge-blur tidak karuan.
9. Usahakan objekmu tenang
Kamera pada ponsel umumnya mempunyai kecepatan shutter yang agak lambat. Dan repotnya, tidak bisa diatur. Jadi, butuh beberapa saat sampai kameramu benar-benar menangkap image yang di foto.
10. Jepretlah beberapa kali
Karena image yang kamu jepret disimpan dalam format digital yang mudah dihapus, maka jepretlah sebanyak yang diperlukan. Kemudian kamu bisa pilih foto yang terbaik. Terkadang hasil foto bisa berbeda meskipun masih tetap menggunakan setting yang sama. Bisa jadi karena perubahan sedikit pada objek kamu.
Kalau kamu benar-benar mengandalkan kamera pada hp-mu, ada baiknya kamu mencari informasi sebanyak mungkin tentang ponselmu dan kameranya. Sekiranya mungkin, kamu bisa membeli ponsel yang kameranya bagus.

 

Bukan ini yang anda cari? Ketikkan kata kunci pencarian anda di sini ....

6 komentar:

jaket kulit mengatakan...

ijin nyimak salam kenal

Info Gadget mengatakan...

Super sekali tipsnya. Di masa datang mungkin kamera digital akan tergeser oleh smartphone, saya yakin itu, apalagi jika tdk ada aturan batas maksimal MP sebuah ponsel. Dari beberapa pengalaman yg pernak aq alami, kondisi cahaya adlh hal yg sering jd masalah saat pengambilan gmbr.

rachmad tatawarna mengatakan...

waahhh tips yang menarik.. mau coba dulu gan...

Anonim mengatakan...

woow

Riki Rukmana mengatakan...

boleh di coba nih tipsnya... yah biarpun kamera hp saya spesifikasinya rendah...

rizal zalle mengatakan...

Boleh nih coba gan, Di kelas sekolah say mumpung banyak yang narsis. Bisa jadi penghasilan .. jadi fotographer !
thanks ^_^

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ...
Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf.
Supaya anda dapat backlink, silahkan memakai keyword sebagai nama. Itu jauh lebih baik dari pada menyertakan live link. Oyi?

◄ Newer Post Older Post ►
 

dee-nesia on Google+

dee-nesia on Facebook

Copyright 2011 - 2014 dee-nesia is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by