Cara Memaksimalkan Kinerja Laptop Yang Lambat

Laptop yang lambat tentu sangat mengesalkan. Kita memerlukan cara memaksimalkan kinerja laptop yang lambat supaya bisa bekerja dengan lebih cepat. Pada umumnya, laptop digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah dan pekerjaan kantoran. Saya sih lebih sering menggunakan laptop untuk mengurusi blog, hehe…. Kalau kamu sudah memutuskan untuk membeli laptop dan bukan PC, tentunya kamu sudah paham benar kalau laptop akan membatasi kamu untuk urusan upgrade, karena spare part yang lebih mahal dibanding PC. Pilihan upgrade laptop juga lebih sedikit dibanding PC. Maka selain sadar diri, yang bisa kita lakukan untuk mempercepat laptop adalah dengan memaksimalkan apa yang sudah dimiliki laptop itu. Mau ngeyel main game di laptop? Bisa saja sih, tapi ada beberapa hal yang harus dikorbankan, seperti resolusi maksimal dan setting fitur grafis yang musti direndahkan. Yang penting fps-nya tidak terlalu rendah dan game bisa kita nikmati. Lagian, setiap kali game baru dirilis, atau versi perbaikan game muncul selalu saja ada semacam lompatan kebutuhan hardware grafis untuk membuat game itu berjalan normal. Jadi semakin berat saja laptop kita ini kerjanya.
Kalau kita pakai PC maka masalahnya bisa dengan mudah dan murah diatasi dengan upgrade pernik-perniknya. Kalau laptop? Mahal, hehe….
Nah, berikut ini beberapa cara untuk memaksimalkan atau mempercepat kinerja laptop. Tips ini tidak hanya untuk laptop biasa, tapi juga bisa berguna buat gaming laptop yang spesifikasinya sudah sangar.
Update Drivers
imageDua pembuat graphics processing unit (GPU) terbesar di dunia saat ini, NVIDIA dan ATI merilis kartu grafis baru hampir setiap bulan. Namun ini tidak berarti kompetisi di antara mereka cuman di perangkat baru. Dunia gaming sudah menjadi industri yang besar, yang membuat kedua perusahaan GPU ini musti memperbaharui driver untuk perangkat mereka, termasuk perangkat yang lama, untuk memastikan perangkat lama mereka tetap bisa dipakai untuk game baru selama yang mereka bisa. Maka upayakan untuk memperoleh update driver terbaru GPU anda. Paling tidak anda akan memperoleh peningkatan sekitar 20% kinerja GPU menjadi lebih baik.
Overclock
Ini memang tidak terlalu umum. Mengingat hanya beberapa laptop yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengaturan perangkatnya secara manual. Cobalah untuk mengulik BIOS laptop anda, siapa tahu ada beberapa settingan yang bisa diatur supaya bisa bekerja lebih cepat.
Atur Power Settings
Pada laptop baru, beberapa diantara mereka datang dengan fitur “switchable graphics” yang memungkinkan kita berganti GPU sesuai dengan penggunaan laptop. Ketika sedang bermain game, GPU yang lebih sakti dipakai, biasanya dari NVIDIA atau AMD, nah, ketika kita cuman mengetik, maka GPU kelas lebih rendah yang digunakan, biasanya punya Intel. Coba ulik juga bagian ini, cari settingan yang paling pas dengan kebutuhan kamu.
Matikan atau Uninstall program yang tidak perlu
Perhatikan program yang berjalan dibelakang layar yang secara otomatis dibuka ketika laptop dinyalakan, seperti bermacam-macam updater, Windows Update, Yahoo Messenger!, Windows Live, Skype, dll. Jalankan yang kamu pakai, kalau tidak matikan. Itu saja prinsipnya. Biasanya, aplikasi yang sedang berjalan akan terlihat di notification tray.
Rapikan Tampilan
Anda tidak perlu harus melakukan upgrade laptop untuk memaksimalkan laptop. Intinya sederhana saja. Kalau tidak perlu matikan. Misalnya, shortcut di desktop. Perlukah memenuhi desktop dengan shortcut yang overlapping dengan shortcut di taskbar? Widget di desktop. Terlihat indah memang. Tapi apa ya harus sepenuh itu desktop kamu. Beberapa hal sederhana ini bisa mempertahankan kecepatan laptop secara lumayan signifikan loh.
Kesimpulan
Semua kembali pada kamu. Kalau memang laptop kamu sudah tidak mampu lagi memenuhi tuntutanmu atas kecepatan dan fitur baru, beli laptop baru adalah jawaban yang tepat. Tapi kalau anggaran belum ada, ya lebih baik memaksimalkan laptop yang sudah ada ini sampai titik darah penghabisan.
Atau barangkali anda merasa lebih nyaman menggunakan software untuk mempercepat kinerja laptop?
Belanja Gaun Wanita Bagus Murah
 

Bukan ini yang anda cari? Ketikkan kata kunci pencarian anda di sini ....

4 comments:

buchehandred said...

INFO YANG BAGUS

@farismayor said...

@farismayor
Setuju banget, lebih baik uninstal program-program yang dirasa ga penting.

Sandy Mustofa said...

Aku sudah Sering melihat kata "Matikan atau Uninstall program yang tidak perlu" di berbagai blog yang menjelaskan cara memaksimalkan kinerja laptop!

BOSEEEEEEEEN!

Ashabul Kholifatullah said...

betul banget dengan cara merapikan laptop, kebanyakan orang tidak tahu dampak dari shortcut. .
thanks untuk infonya

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, tapi jangan nye-PAM ya ...
Setiap comment yang ada link-nya tidak bisa saya Publish, mohon maaf.
Supaya anda dapat backlink, silahkan memakai keyword sebagai nama. Itu jauh lebih baik dari pada menyertakan live link. Oyi?

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

dee-nesia on Google+

dee-nesia on Facebook

Copyright 2011 - 2014 dee-nesia is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by