Cara Memperbaiki File Document Rusak Tidak Bisa Dibaca

Cara Memperbaiki File Document Rusak Tidak Bisa Dibaca | File ketikan anda tiba-tiba tidak bisa dibuka? File document itu bisa berupa file doc, docx, xls, xlsx, ppt, pptx. Bisa juga file gambar jpg, bmp, tif yang tahu-tahu tidak bisa dibaca. Menyedihkan to..?

Tenang saudara-saudara, kita coba menyelematkan file rusak dengan aplikasi gratisan ini. Sepanjang internet masih jalan, kita akan menemukan banyak orang baik yang membagikan aplikasi gratis penuh manfaat seperti ini. Hehe…

baca juga: Cara Mengembalikan Partisi Harddisk Yang Hilang

Memang sih, pada banyak kasus, ini tidak selalu berhasil. Karena tergantung juga dengan seberapa parah file tersebut rusaknya. Kalau cuman header pengenal file yang bermasalah maka kemungkinan berhasil lebih besar. Tapi kalau sampai data berupa byte di dalam file yang hilang ya kemungkinan berhasilnya sangat kecil. Kalaupun file tersebut kemudian bisa dibaca lagi, biasanya tetap ada bagian yang hilang.

Namanya juga hilang atau tidak ada. Kalau gambar bisa di interpolasi, lha kalau tulisan atas ide anda? Piye coba? Tidak mungkin to? Jadi sambil melakukan penyelamatan file rusak anda, berdoalah. Semoga cuman header file yang bermasalah, hehe….

Biasanya ketika kita mencoba file dokumen itu yang muncul malah warning window seperti ini:

document-corruptHmmm…. Apa penyebab file document bisa sampai rusak ya? Ternyata ada beberapa kemungkinan penyebabnya, misalnya listrik yang bermasalah (tiba-tiba mati misalnya), koneksi jaringan yang bermasalah (ketika download file), infeksi virus, program aplikasi error dan lainnya.
Rasanya pasti gemas-gemas bagaimana gitu. Apa masih bisa diperbaiki? Sepanjang kerusakan file document tersebut tidak terlalu parah, kita bisa memanfaatkan salah satu aplikasi gratis File Repair.

Ukurannya kecil, cuman 1.01 MB, tentu tidak akan menghabiskan jatah pulsa internet anda untuk mendownloadnya to?

Berikut daftar file yang bisa dikenali File Repair:

  • corrupted Word documents (.doc, .docx, .docm, .rtf)
  • corrupted Excel spreadsheets (.xls, .xla, .xlsx)
  • corrupted Zip or RAR archives (.zip, .rar)
  • corrupted videos (.avi, .mp4, .mov, .flv, .wmv, .asf, .mpg)
  • corrupted JPEG, GIF, TIFF, BMP, PNG or RAW images (.jpg, .jpeg, .gif, .tiff, .bmp, .png)
  • corrupted PDF documents (.pdf)
  • corrupted Access databases (.mdb, .mde, .accdb, .accde)
  • corrupted PowerPoint presentations (.ppt, .pps, .pptx)
  • corrupted music (.mp3, .wav)

Berarti bukan cuman file dokumen saja to? Wah, sakti juga ini aplikasi gratisan.
Ini screen shotnya:

file repair

Penggunaan program ini sangat mudah, tinggal kita klik tombol dengan titik tiga untuk membuka file, kemudian klik tombol Repair. Jika proses berhasil, maka file akan diperbaiki dengan nama seperti yang ada di bagian Output fixed file as. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk memperbaiki file satu persatu. Mau?

Download File Repair

Jika File Repair tidak bisa memperbaiki file yang rusak, mereka juga menerima kiriman file rusak melalui email untuk dicoba diperbaiki selama 1-24 jam. Jika bukan data yang sangat penting (sensitif atau rahasia), dokumen bisa dikirim ke email repair@filerepair1.com.

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

16 Comments

  1. Mas Dee,
    file ku ga bs dibuka tulisannya “cannot open the file because the file format or file extension is not valid.Verify that file has not been corrupted and that the file extension matches the format of the file”.
    itu kenap ya mas? gara2nya waktu aku matiin PC lama,trs aku copot HD ku.Terus begitu aku buka pada ga bs,tulisannya seperti diatas.. Minta tulung massss

    1. @Aguss: emmm…, sudah coba pakai aplikasi file repair diatas mas?
      Kalau sudah dan ternyata tidak berhasil, kemungkinan memang ada masalah dengan ekstensi file-nya. Silahkan di periksa kembali.
      Kalau ekstensi file sudah benar, berarti file tersebut memang corrupt. Kalau aplikasi File Repair gagal, ya musti di coba dengan aplikasi yang lain. Silahkan tanya mbah Google saja. Ada banyak kog yang lain.

      Yang perlu kita sadari adalah jika corrupt-nya parah, ya perlu keberuntungan selain aplikasi pemulih file corrupt yang bener-bener sakti, dan itu biasanya bukan aplikasi gratisan. Hehe….
      Kadang kita harus merelakannya sembari ingat untuk lebih hati-hati di waktu lain.
      File corrupt itu biasanya terjadi ketika PC ‘terpaksa’ mati – bisa karena hang, crash, atau listriknya mati. Bisa juga ketika misalnya kita cabut flash disk tidak dengan benar. Juga jangan dikesampingkan virus yang kadang membuat file jadi bermasalah ketika kita membersihkannya.

      Semoga selamat mas file-nya. Selamat berjuang….

  2. saya punya file tipe ‘ microsoft word 97-3003 document’ tidak bisa dibuka tetapi file tipe ‘microsoft word document’ dan ‘rtf’ bisa. bagaimana cara agar file bisa d buka?

  3. Hi mas,

    Mas, file xls aku tiba2 ga bisa dibuka. Prediksiku itu gara2 kmrin itu pas ngerjain filenya, batere laptopnya mati. Aku belum sempet close the file. Tapi uda pernah disave sih sebelumnya.

    Dan skrg pas mau buka, responnya : “Document file is locked by Unknown User. Open document read-only or Open a copy of a document for editing”. Namun, meskipun kebuka, itu tampilannya blank semua. Minta bantuannya ya. Tq.

  4. mas ini file di kartu sd android saya tiba2 g ada yg bisa ke buka meni geleh mas padahal itu teh file penting semua tolong bantuanya y mas segera ;(

  5. Mas mau nanya. Saya buka dokumen tp g bs dibuka trus ada keterangan “windows cannot open this file……” gmn y caranya agr bs terbuka lg..? Tks

  6. Mas, saya sdh coba pkai file repair tpi ttep tdk bsa d buka, klu misal corrup size filenya kn berkurang, size file sya gak brkurang cuman gak bisa dibuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.